Meningkatkan Self Regulation Terhadap Rokok Melalui Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi-Ips 5 Sma 2 Bae Kudus

FITRI , YULIANA (2017) Meningkatkan Self Regulation Terhadap Rokok Melalui Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi-Ips 5 Sma 2 Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal.judul) - Accepted Version
Download (637kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (464kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (612kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (489kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan penerapan layanan informasi dengan adio visual dalam meningkatkan self regulation terhadap rokok pada siswa kelas XI IPS 5 SMA 2 Bae Kudus. 2. Diperolehnya peningkatan self regulation terhadap rokok dapat ditingkatkan dengan pemberian layanan informasi pada siswa kelas XI IPS 5 SMA 2 Bae Kudus. Self regulation terhadap rokok adalah kemampuan untuk mengontrol diri, mengendalikan perilaku, mengamati diri, menilai diri sendiri dan memberi respon terhadp diri sendiri terhadap rokok. Layanan informasi dengan media audio visual disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, kepala sekolah dapat menggunakan penelitian sbagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan yang dapat meningkatkan mutu Pendidikan. 2. Kepada Guru BK, sebagai bahan kajian dalam mengambil kebijakan dengan penerapan layanan informasi dengan media audio visual dalam self regulation terhadap rokok. 3. Kepada siswa, memperoleh informasi sehingga siswa dapat meningkatkan self regulation terhadap rokok dengan media audio visual melalui layanan informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 5, sebanyak 36 siswa yang mempunyai self regulation yang rendah terhadap rokok. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus (siklus 1 dan siklus 2). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan membahas materi dengan alokasi waktu 45 menit. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan dari 36 siswa terdapat 24 siswa persentase 67% dengan kategori sangat kurang dan 12 siswa dengan persentase 33% dengan kategori kurang. Rata-rata skor 17 rata-rata persentase 34% dengan kategori sangat kurang. Siklus I menunjukkan dalam meningkatnya self regulation terhadap rokok dari 36 siswa terdapat 16 siswa persentase 44% dengan kategori kurang, 18 siswa persentase 50% dengan kategori cukup dan 2 siswa persentase 6% dengan kategori baik. Rata-rata skor 26 dan rata rata persentase 53% dengan kategori cukup. Siklus II menunjukkan dalam meningkatnya self regulation dari 36 siswa terdapat 4 siswa persentase 11% dengan kategori cukup, 26 siswa persentase 72% dengan kategori baik dan 6 siswa persentase 17% dengan kategori sangat baik. Rata-rata skor 36 persentase 72 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan informasi dengan media audio visual untuk meningkatkan self regulation terhadap rokok pada siswa kelas XI IPS 5 SMA 2 Bae Kudus. xi Simpulan penelitian ini adalah layanan informasi dengan media audio visual untuk meningkatkan self regulation terhadap rokok pada siswa kelas XI IPS 5 SMA 2 Bae Kudus, dapat diterima dan teruji kebenarannya. Saran diberikan kepada: 1) Bagi Kepala Sekolah: Kepala sekolah dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan yang dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan disekolah siswa untuk meningkatkan self regulation terhadap rokok melalui layanan informasi melalui audio visual. 2) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan kajian dalam mengambil kebijakan dalam menerapkan layanan informasi melalui media audio visual dalam meningkatkan self regulation terhadap rokok. 3) Bagi Siswa: Siswa dapat menyadari pentingnya hidup sehat tanpa rokok dalam berbagai layanan informasi sehingga dapat meningkatkan self regulation terhadap rokok melalui layanan informasi dengan media audio visual. 4) Bagi Peneliti: Peneliti dapat membantu siswa dalam menerapkan layanan informasi melalui media audio visual yang sangat diperlukan untuk meningkatkan self regulation terhadap rokok.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dra.Sumarwiyah,M.Pd,Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self Reguation Terhadap Rokok, Layanan Informasi dengan Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 15 Feb 2018 04:00
Last Modified: 15 Feb 2018 04:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item