Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Dengan Teknik Live Modeling Pada Anggota Osis Sma N 1 Nalumsari Jepara

SULISTYANINGRUM, IKA (2017) Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Dengan Teknik Live Modeling Pada Anggota Osis Sma N 1 Nalumsari Jepara. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling dalam meningkatkan pengetahuan anggota OSIS untuk memanajemen waktu di SMA N 1 Nalumsari Jepara. 2.Diperolehnya peningkatan manajemen waktu belajar siswa OSIS setelah menerapkan layanan pengusaan konten dengan teknik live modeling. Memanage atau mengatur waktu merupakan kegiatan yang wajib dilakukan hingga kegiatan ekstra sehari-hari, diatur sedemikian rupa untuk meringankan kegiatan yang membebani kita. Tanpa memanage atau mengatur waktu dalam melakukan kegiatan sehari-hari pasti akan mendapatkan kesulitan saat bekerja atau saat tidak bekerja sekalipun, orang yang tidak dapat mengatur waktu pasti akan lupa untuk istirahat, terlalu memaksa pekerjaannya, tidak menghiraukan keadaan tubuhnya, dan lain sebagainya. Teknik live modeling merupakan salah satu teknik yang ada di bimbingan dan konseling, teknik ini mengandalkan seseorang yang di datangkan oleh guru BK atau pun konselor. Jadi, teknik ini mendatangkan seseorang yang berkompetensi pada bidang-bidang tertentu untuk menjelaskan suatu materi kepada siswa atau konseli. Hipotesis penelitian ini adalah1. Layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling dapat meningkatkan manajemen waktu belajar pada OSIS SMA N 1 Nalumsari Jepara. 2. Ada, peningkatan manajemen waktu belajar pada anggota OSIS SMA N 1 Nalumsari Jepara menjadi lebih baik setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan KelasBimbingan dan Konseling dengan 2 siklus masing-masing siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 20 subjek yang memiliki kurangnya manajemen waktu belajar. Variabel Penelitian: variabel terikat adalah manajemen waktu belajar dan variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling. Metode penelitian yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan dari 20 siswa terdapat 16 siswa persentase 80% kategori sangat kurang, dan 4 siswa persentase 20% kategori kurang. Rata-rata skor 9,6 rata-rata persentase 32% kategori sangat kurang. Siklus I pertemuan 1, 20 siswa yang mengikuti layanan penguasaan konten 8 siswa memperoleh skor rata-rata 11 persentase 37% kategori kurang, dan 12 siswa memperoleh skor rata-rata 10 persentase 33% kategori sangat kurang, siklus I pertemuan 2, 20 siswa yang mengikuti layanan penguasaan konten 5 siswa memperoleh skor rata-rata 10 persentase 33% kategori sangat kurang, dan 15 siswa memperoleh skor rata-rata 8 persentase 27% kategori kurang, siklus I pertemuan 3, 20 siswa yang mengikuti layanan penguasaan konten 7 siswa memperoleh skor rata-rata 6 persentase 18% kategori cukup, dan 13 siswa memperoleh skor rata-rata 7 persentase 25% kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan penguasaan konten dengan teknik live modelling untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa OSIS SMA N 1 Nalumsari Jepara tahun 2016, menunjukan hasil yang sudah mencapai keberhasilan sesuai dengan harapan peneliti. Simpulan penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan teknik live modelling untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa OSIS SMA N 1 Nalumsari Jepara tahun 2016, pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 9,6 persentase 32% kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 23 persentase 78% kategori baik meningkat 13 skor, dapat diterima. Saran diberikan kepada:1) Kepala sekolah SMA N 1 Nalumsari Jepara: hendaknya mengetahui bagaimana kebutuhan siswa yang mengikuti OSIS dan yang tidak mengikuti OSIS, yaitu dalam mengatur dan memanajemen waktu belajarnya. Dan kepala sekolah dapat memberikan apresiasi yang lebih kepada siswa yang mengikuti OSIS karena mengaplikasikan manajemen waktu belajar itu tidak mudah dan butuh latihan terus-menerus. 2). Bagi Guru BK: untuk mengembangkan pembelajaran selajutnya maka dalam melaksanakan tindakan dalam upaya meningkatkan manajemen waktu belajar siswa, tidak hanya siswa yang mengikuti OSIS namun siswa yang lain juga membutuhkan pengetahuan mengenai menejemen waktu belajar. 3). Bagi Anggota OSIS: diharapkan subjek mampu lebih baik dalam menanamkan dan merealisasikan sikap yang telah dipelajari dalam layanan penguasaan konten, seperti mampu memanajemen waktu belajar dengan baik dan mampu menjalani kegiatan belajar mengajar dengan tenang. 4) Bagi Peneliti: untuk dijadikan pembelajaran saat peneliti melakukan penelitian ataupun untuk penelitian yang akan datang. Peneliti harus mampu membedakan manajemen waktu belajar dengan manajemen waktu selain belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Kata kunci: Manajemen Waktu Belajar, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Live Modeling.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:15
Last Modified: 15 Feb 2018 04:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item View Item