MENINGKATKAN MORAL DALAM INTERAKSI AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 2 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NOVIANI, NOVIANI (2017) MENINGKATKAN MORAL DALAM INTERAKSI AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 2 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (604kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (529kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (257kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari merebaknya isu-isu moral dikalangan siswa saat ini. Dalam lingkungan sekolah, masalah yang sering terjadi diantaranya: ketidaksopanan terhadap guru, siswa yang saling meremehkan satu sama lain, perkelahian diantara siswa, seringnya melanggar peraturan sekolah, maupun mencontek yang sudah dianggap biasa. Masalah-masalah tersebut sudah membudaya disekolah, maka dari itu perlu penanganan yang intensif dan secara berkala. Permasalahan yang diteliti : apakah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkam dalam inteaksi akademik pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan kondisi moral dalam interaksi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dan Diperoleh peningkatan moral siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui layanan bimbingan kelompok, 2. Mendeskripsikan peningkatan aktifitas pada Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Film pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Mengetahui efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Film pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 4, sebanyak 7 siswa yang mempunyai kualitas moral yang cukup rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berisi penjelasan secara deskriptif. Hasil penelitian pra siklus moral siswa dalam interaksi akademik menunjukkan prosentase 36% dalam kategori rendah (R). Siklus I Pertemuan 1 memperoleh prosentase sebesar 41% dalam kategori rendah (R), siklus I pertemuan 2 memperoleh prosentase 45% dalam kategori rendah (R), siklus I pertemuan 3 memperoleh prosentase 53% dalam kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh prosentase 70% dalam kategori tinggi (T), siklus II pertemuan 2 memperoleh prosentase 79%, dan siklus II pertemuan 3 memperoleh prosentase 85% dalam kategori sangat tinggi (ST). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatkan moral dalam interaksi akademik melalui layanan bimbingan kelompok dengan media film diperoleh dari 7 siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II memperlihatkan bahwa mengalami peningkatan. Jadi peningkatan moral dalam interaksi akademik melalui layanan bimbingan kelompok dengan media film 36% dari 46% menjadi 78%. Dengan demikian penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa hipotesis siswa yang menyatakan “meningkatkan moral dalam interaksi akademik melalui layanan bimbingan kelompok dengan media film pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus”, dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Santoso,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Moral dalam Interaksi Akademik, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Film
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 15 Feb 2018 04:15
Last Modified: 15 Feb 2018 04:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8098

Actions (login required)

View Item View Item