LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER BUDAYA LOKAL GUSJIGANG PADA SISWA KELAS X MIPA 8 SMA NEGERI 1 KUDUS

BAROROH, ULIN NOOR (2017) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER BUDAYA LOKAL GUSJIGANG PADA SISWA KELAS X MIPA 8 SMA NEGERI 1 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (966kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (789kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (350kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (283kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (713kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam menumbuhkan karakter budaya lokal Gusjigang para siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Dapat menumbuhkan karakter budaya lokal Gusjigang melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Gusjigang yaitu bagus akhlaknya, pinter mengaji dan trampil berdagang. Tiga karakter tersebut merupakan ciri pemuda yang ideal. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan konseling yang terdiri dari 8 anggota yang membahas topik-topik umum melalui dinamika kelompok. Teknik self management merupakan praktik bantuan profesional yang mengimplementasikan seperangkat prinsip atau prosedur. Ganjar diri yaitu teknik untuk membantu klien mengatur dan memperkuat perilakunya melalui konsekuensi yang dihasilkannya sendiri. Hipotesis peneliti tindakan bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Self Management Untuk Menumbuhkan Karakter Budaya Lokal Gusjigang Pada Siswa Kelas X MIPA 8 SMA NEGERI 1 Kudus” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Kudus kelas X MIPA 8 yang berjumlah 8 siswa yang mempunyai pemahaman Gusjigang yang lemah. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus karakter budaya lokal Gusjigangmenunjukkan persentase 20,1% dalam kategori sangat kurang (SK). Siklus I pertemuan 1 persentase 42,3% dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan 2 persentase 48,3 % dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan 3 persentase 58,8% dalam kategori cukup (C), siklus II pertemuan 1 persentase 64,3% dalam kategori cukup (C), siklus II pertemuan 2 persentase 88,5% dalam kategori sangat baik (SB), siklus II pertemuan 3 persentase 92,2% dalam kategori sangat baik (SB). Hal ini didukung dengan adanya beberapa fakta mengenai pemahaman dan pengetahuan terkait budaya lokal Gusjigang yaitu siswa sudah dapat mengendalikan diri terhadap budaya barat, siswa sudah mampu berperilaku dengan baik, menambah dan mengembangkan keilmuannya dan mengelola jiwa dagang, siswa sudah mengetahui dan menerapkan nilaai-nilai karakter budaya lokal Gusjigang dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menjadi pribadi yang berkarakter budaya lokal Gusjigang. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan karakter budaya lokal Gusjigang melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management-ganjar diri diperoleh dari 8 siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II memperlihatkan bahwa mengalami peningkatan. Hasil rata-rata pra siklus mendapat 20,1% kategori sangat kurang, pada siklus I pertemuan 1 sampai 3 memperoleh rata-rata persentase 50,1% dalam kategori kurang, mengalami peningkatan sebesar 30% dari 20,1% menjadi 50,1% dan pada siklus II pertemuan 1 sampai ke 3 memperoleh persentase 80% kategori baik, sehingga mengalami peningkatan 29,9% dari 50,1% menjadi 80%. Jadi peningkatan terhadap budaya lokal Gusjigang melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management-ganjar diri 30% dari 58% menjadi 88%. Dengan demikian penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Self Management Untuk Menumbuhkan Karakter Budaya Lokal Gusjigang Pada Siswa Kelas X MIPA 8 SMA NEGERI 1 Kudus”. Dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pemimbing 1:Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Budaya Lokal Gusjigang, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management-Ganjar Diri.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 15 Feb 2018 04:21
Last Modified: 15 Feb 2018 04:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item