Peningkatan Kejujuran Dalam Mengerjakan Ulangan Harian Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Modeling Simbolik Melalui Audiovisual Pada Siswa Xi Tkr 2 Smk N 2 Kudus

AVIANTI, ERFINA (2017) Peningkatan Kejujuran Dalam Mengerjakan Ulangan Harian Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Modeling Simbolik Melalui Audiovisual Pada Siswa Xi Tkr 2 Smk N 2 Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (419kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (631kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (195kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang kurang jujur dalam mengerjakan ulangan harian, sering mencontek saat ulangan, sering bertanya jawaban ketika ulangan, siswa kurang ada persiapan saat ulangan, tidak kondusif saat mengerjakan ulangan. Semua hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa ada beberapa siswa kurang jujur dalam mengerjakan ulangan harian. Adapun rumusan masalahnya “apakah kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian siswa kelas XI TKR 2 SMK N 2 KUDUS tahun 2017, dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan teknik modeling simbolik melalui media audio visual?”. Tujuan penelitian ini diperolehnya peningkatan kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian dengan teknik modeling simbolik melalui media audio visual pada siswa kelas XI TKR 2 SMK N 2 KUDUS tahun 2017. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling PTK BK dengan jumlah subjek 39 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Pada penelitian ini mengambil subjek 15 siswa. Pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling berjudul peningkatan kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian melalui layanan informasi dengan teknik modeling simbolik melalui media auido visual. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpul data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus pemahaman kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian menunjukkan kategori kurang dengan skor rata-rata 24,4 (42%). Siklus I pada aspek kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 26,4 (52%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 5,4 dari pra siklus. Siklus II kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian kategori baik dengan rata-rata 36,3 (72%) yang berarti ada peningkatan 10 dari siklus I. Peningkatan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti dalam pemberian layanan informasi mengalami peningkatan pada Siklus I skor rata-rata 57% dalam kategori cukup dan pada Siklus II mendapat skor 85% dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 21 (42%) kategori kurang, Siklus I skor rata-rata 24,4 (52%) dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 36,3 (72%) dalam kateori baik. Hasil penilaian kolaborator terhadap tindakan peneliti pada Siklus I skor rata-rata 57% dalam kategori kurang dan Siklus II skor rata-rata 85% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian layanan informasi dengan teknik modeling simbolik disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, kepala sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian melalui layanan informasi dengan teknik modeling simbolik. 3. Kepada Siswa, siswa dapat menyadari pentingnya kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian dan berperan dalam meningkatakan kejujuran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Masturi,M.M
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kejujuran, Layanan Informasi dengan Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 01:19
Last Modified: 17 Feb 2018 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8105

Actions (login required)

View Item View Item