PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA 2 BAE KUDUS

NISA, NURUN (2017) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (9MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (760kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka ) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan percaya diri dalam pergaulan pada siswa kelas XI IPA3 SMA 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Memperoleh peningkatan kepercayaan diri dalam pergaulan pada siswa kelas XI IPA3 SMA 2 Bae Kudus setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Percaya diri dalam bergaul merupakan kondisi mental dan fisik yang ada di dalam diri siswa kelas XI IPA3 SMA 2 Bae Kudus yang siap dan mampu menyesuaikan diri dengan baik dengan kondisi siswa lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam pergaulan sehari-hari. Bimbingan kelompok teknik role playing digunakan oleh peneliti untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul, karena dalam layanan bimbingan kelompok terdapat dinamika kelompok yang terjalin melalui proses komunikasi dan harus didasarkan kepada kepercayaan diri masing-masing anggota kelompok untuk berkomunikasi dan menjalin kedekatan secara personal dan psikis sehingga melatih siswa untuk dapat semakin percaya diri. Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian: Pra siklus skor rata-rata 9,1 (36%) dengan kategori (Kurang). Siklus I pertemuan pertama siswa memperoleh skor 11 (43%) kategori (Kurang) dengan keterangan 7 siswa kategori (Kurang) dan 2 siswa kategori (Sangat Kurang). Pertemuan kedua siswa memperoleh skor 12 (49%) kategori (Kurang) dengan keterangan 2 siswa ketegori (Cukup) dan 7 siswa kategori (Kurang), pertemuan ketiga siswa memperoleh skor 14 (56%) kategori (Cukup) dengan keterangan 7 siswa kategori (Cukup) dan 2 siswa kategori (Kurang). Siklus II pertemuan pertama siswa memperoleh skor 17 (67%) kategori (Cukup) dengan keterangan 6 siswa kategori (Cukup) dan 3 siswa kategori (Baik), pertemuan kedua siswa memperoleh skor 19 (78%) kategori (Baik) dengan keterangan 1 siswa kategori (Sangat Baik), 7 siswa ketegori (Baik) dan 1 siswa kategori (Cukup). Pertemuan ketiga siswa memperoleh skor 21 (86%) kategori (Baik) dengan keterangan 5 siswa kategori (Baik) dan 4 siswa kategori (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada siklus I memperoleh skor 50% dengan kategori (Cukup). Pada siklus II peneliti memperoleh skor 80% dengan kategori (Sangat Baik). Jadi hipotesis yang menyatakan “Layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul pada siswa kelas XI IPA 3 SMA 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017” dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Kepercayaan diri dalam bergaul siklus I memperoleh skor rata-rata 14 (56%) kategori (Cukup), pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 21 (86%) kategori (Sangat Baik). Jadi hipotesis yang menyatakan “Ada peningkatan kepercayaan diri dalam bergaul melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017” dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Kepala Sekolah: diharapkan memberikan dukungan dan support kepada guru bimbingan dan konseling di SMA 2 Bae Kudus dalam melaksanakan tugas program bimbingan dan konseling. Serta menciptakan iklim sekolah yang kondusif bagi semua siswa dalam berinteraksi. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: diharapkan memperhatikan hubungan antarpribadi yang terjalin antar siswa di sekolah, serta menerapkan layanan bimbingan kelompok atau teknik role playing dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang telah disusun di sekolah. 3. Siswa: hendaknya membuang perasaan minder, malu dan tidak percaya diri yang akhirnya akan menyebabkan kesulitan dalam bergaul. 4. Penelitian Selanjutnya: diharapkan memperhatikan waktu penelitian dalam mengadakan penelitian agar dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok atau layanan bimbingan konseling yang lain dengan lebih maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Sunardi,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Percaya Diri dalam Pergaulan, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 02:02
Last Modified: 17 Feb 2018 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item View Item