PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MEDIA MIND MAP PADA SISWA XI TKR 1 SMK MA’ARIF KUDUS

SATUN, LISTIANAH ANIS (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MEDIA MIND MAP PADA SISWA XI TKR 1 SMK MA’ARIF KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (9MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (130kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (967kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok metode mind map dalam meningkatkan kemampuan pemilihan perguruan tinggi pada siswa kelas XI TKR 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Memperoleh peningkatan pemilihan perguruan tinggi melalui layanan bimbingan kelompok media mind map. Kemampuan pemilihan perguruan tinggi adalah kapasitas individu dalam menentukan pendidikan setelah lulus dari SMA/SMK/MA yang didasarkan dengan keadaan siswa, potensi siswa dan cita-cita yang dimiliki oleh siswa. Bimbingan kelompok merupakan proses memberikan informasi dan bantuan yang telah diberikan oleh seorang yang ahli (konselor) pada sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk mencapai suatu tujuan. Mind map merupakan teknik penyusunan catatan demi membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Hipotesis tindakan antara lain: 1. Layanan bimbingan kelompok media mind map dapat meningkatkan kemampuan pemilihan perguruan tinggi pada siswa kelas XI TKR SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Kemampuan pemilihan perguruan tinggi siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok media mind map. Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 8 siswa XI TKR1 SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan pemilihan perguruan tinggi yang dimiliki oleh siswa kelas XI TKR 1 SMK NU Ma’arif Kudus. Dibuktikan dengan skor siklus I 48% (Kurang), siklus II 85% (Sangat Baik). Jadi hipotesis penelitian dapat diterima, karena telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan dalam penelitian antara lain: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok media mind map pada siklus I 48 kategori (Kurang), pada siklus II meningkatkan menjadi 80 kategori (Sangat Baik). 2. Kemampuan pemilihan perguruan tinggi siswa pada pra siklus sangat kurang, dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa 16,4 (33%). Pada siklus I kondisi kemampuan pemilihan perguruan tinggi siswa kurang, dengan skor rata-rata 23,9 (48%). Siklus II kemampuan pemilihan perguruan tinggi siswa telah meningkatkan menjadi sangat baik, dengan skor rata-rata 43,4 (87%). Saran yang diberikan penelitian: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah diharapkan menciptakan sarana informasi bagi semua siswa di SMK NU Ma’arif Kudus untuk dapat mengakses informasi tentang perguruan tinggi. 2. Guru bimbingan dan konseling: Guru bimbingan dan konseling mengoptimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah sebagai sarana bagi siswa untuk memberikan informasi, membimbing dan mengarahkan siswa untuk dapat menentukan pilihan perguruan tinggi. 3. Siswa: Siswa merubah mindset tentang perkuliahan yang selama ini dianggap tidak menjadi prioritas utama, siswa hendaknya mengetahui kebutuhan dunia usaha dan dunia industri tentang ketenagakerjaan. 4. Penelitian Selanjutnya: Peneliti selanjutnya diharapkan memperluas ruang lingkup penelitian dan memperdalam kajian tentang layanan bimbingan kelompok media mind map.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Masturi,MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemilihan Perguruan Tinggi, Layanan Bimbingan Kelompok Media Mind Map
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 02:11
Last Modified: 17 Feb 2018 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item