Penerapan Konseling Rational-Emotive Behavior Therapy Untuk Mengatasi Masalah Penerimaan Diri Siswa Kelas X 2 Di Sma 1 Mejobo Kudus

ATINNISA, ATINNISA (2017) Penerapan Konseling Rational-Emotive Behavior Therapy Untuk Mengatasi Masalah Penerimaan Diri Siswa Kelas X 2 Di Sma 1 Mejobo Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (878kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penellitian ini adalah: 1. Untuk Mendiskripsikan Penerapan Konseling Rational-Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Siwa Kelas X 2 di SMA Mejobo Kudus, 2. Untuk menemukan faktor- faktor yang menyebabkan rendahnya penerimaan diri pada siswa kelas X-2 SMA 1 Mejobo Kudus. Konseling Rational-Emotive Behavior Therapy adalah suatu pendekatan behavior kognitif yang menekankan pada keterkaitan antara perasaan, tingkah laku dan pikiran. Dalam penelitian ini perilaku yang bermasalah adalah rendahnya penerimaan diri, di mana siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar dikelas, siswa sering diam dikelas dan siswa kurang bersemangat saat kegiatan belajar . Dengan menggunakan konseling rational-emotive behavior therapy, diharapkan siswa dapat merubah perilaku menjadi lebih baik dari mencontoh perilaku model. Dalam penelitian ini penggunaan konseling rational-emotive behavior therpay dibantu dengan social modeling, yaitu teknik yang digunakan untuk membentuk perilaku-perilaku baru padaklien. Teknik social modeling dilakukan agar siswa dapat hidup dalam suatu model sosial yang diharapkan dengan cara mengimitasi, mengobservasi, dan menyasuaikan dirinya dengan social modeling yang dibuat itu. Jenis penelitian yang digunakan adalahStudi Kasus Bimbingan Dan Konseling dengan metode penelitian kualitatif. Subyek yang diteliti sebanyak tiga siswa kelas X-2 SMA 1 Mejobo Kudus yang memiliki permasalahan rendahnya penerimaan diri pada siswa . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yaitu permasalahan rendahnya penerimaan diri pada siswa. Hasil penelitian: Klien 1 (MTA) mengalami penerimaan diri yang rendah yaitu merasa rendah diri untuk bergaul dengan teman-teman sekolah karena perekonomian orang tua yang kurang mampu dan sulit berkonsentrasi dalam belajar. Melalui konseling REBT klien mau membuka diri dalam pergaulan dan motivasi dalam belajarnya pun meningkat. Klien II (LA) mengalami penerimaan diri rendah yaitu minder dalam kemampuan dan kurang percaya diri. Melalui konseling REBT klien mulai memiliki kepercayaan diri dan tidak minder untuk menunjukan kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Klien III (LTI) mengalami penerimaan diri rendah yaitu rendah diri dan susah move on dari masa lalu yang kurang menyenangkan. Melalui konseling REBT teknik sosial modeling klien dapat merubah perilaku menjadi lebih baik dari mencontoh perilaku model.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 17 Feb 2018 02:24
Last Modified: 17 Feb 2018 02:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item