Meningkatkan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Game Pada Siswa Kelas X Ma Nu Ibtidaul Falah Kudus

NISA’ , INZATIN (2017) Meningkatkan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Game Pada Siswa Kelas X Ma Nu Ibtidaul Falah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (992kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (94kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (184kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan tindakan untuk meningkakan sikap toleransi pergaulan sebelum diberi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Game pada siswa kelas X 3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus. 2. Diperolehnya peningkatan sikap toleransi pergaulan setelah mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Game pada siswa kelas X 3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus. Sikap toleransi pergaulan adalah perilaku setiap individu untuk bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam pergaulan dengan cara menerapkan nilai-nilai toleransi, sehingga di lingkungan sosial individu bisa saling menghargai perbedaan pendapat, sopan dalam bertutur kata, serta dapat bersikap lapang dada. Untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan siswa peneliti berupaya untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan 45 menit. Subyek penelitian yakni 8 siswa kelas X3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus yang memiliki sikap toleransi pergaulan rendah. Hasil penelitian pra siklus sikap toleransi pergaulan siswa diperoleh persentase 36% masuk dalam ketegori sangat kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok siklus I diperoleh hasil 44% kategori kurang dan mengalami peningkatan 8%. Pada siklus II memperoleh hasil persentase 73% termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan 29%. Simpulan yang dapat di ambil dari hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dapat efektif untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan pada siswa kelas X3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Disarankan untuk: 1. Kepada Siswa, siswa dapat memanfaatkan sarana dan prasarana konselor untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan. 2. Kepada Konselor, diharapakan mampu menjalin hubungan baik dengan siswa agar dapat menyampaikan permasalahan yang dialami. 3. Kepada Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sunardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Sikap Toleransi Pergaulan, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Simulation game.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: TIDAK DITENTUKAN
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 03:07
Last Modified: 17 Feb 2018 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8118

Actions (login required)

View Item View Item