peningkatan etika kesopanan dalam berbicara siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknikself control pada siswa kelas x ips 2 sma n 1 karanganyar

afifah, nurul naeni (2017) peningkatan etika kesopanan dalam berbicara siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknikself control pada siswa kelas x ips 2 sma n 1 karanganyar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (757kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (627kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (63kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: 1.Untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik self control dapat meningkatkan etika kesopanan dalam berbicara siswa pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Karanganyartahun ajaran 2016/2017. 2.Diperolehnya peningkatan etika kesopanan dalam berbicara pada siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik self control pada kelas X SMA N 1 Karanganyartahun ajaran 2016/2017. Etika kesopanan dalam berbicara adlah suatu tindakan atau perilaku yang ditunjuka sseorang yang merupakan suatu kebiasaan untuk mengungkapkan suatu perasaan, ide, gagasan, dengan ucapan kata atau kalimat yang kita lakukan dalam kehidupan sehari hari. Layanan penguasaan konten layanan bantuan kepada individu untuk menguasai kompetenssi atau kemampuan tertentu terhadap kegiatan belajar. Teknik self control adalah kemampuan individu untuk mengendalikan dorongan dorongan baik dari dalam individu maupun luar individu. Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan etika kesopanan dalam berbicara melalui layanan penguasaan konten dengan teknik self control dapat meningkatkan etika kesopanan berbicara siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X IPS 2 SMA N 1 Karanganyar dengan subjek penelitian 36 siswa. Variabel penelitian: variabel terikat adalah kesopanan etika berbicara dan variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan teknik self control. Analisis data yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara,dan observasi, Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan dari 36 siswa terdapat 17 siswa dengan persentase 47% dengan kategori sangat kurang, dan 19 siswa persentase 53% dengan kategori kurang. Rata-rata skor 19 rata-rata persentase 53% dengan kategori kurang. Siklus I menunjukkan dalam meningkatkan etika kesopanan siswa dari 36 siswa terdapat 2 siswa persentase 5% dengan kategori kurang, dan 34 siswa denggan persentase 94% dengan kategori cukup. Rata-rata skor 28 rata-rata persentase 56% dengan kategori cukup. Siklus II menunjukkan dalam meningkatkan etika kesopanan berbicara siswa dari 36 siswa terdapat 17 siswa dengan persentase 47% dengan kategori cukup, dan 19 siswa dengan persentase 53% dengan kategori baik. Rata-rata skor 40 rata-rata persentase 80% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik self control dapat meningkatkan etika kesopanan dalam berbicara siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 KaranganyarTahun Pelajaran 2016/2017 Kesimpulan dari hasil observasi tentang etika kesopanan dalam berbicara siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017 dapat diterima dan teruji kebenaranya. Saran diberikan kepada: 1) Bagi Kepala sekolah : dengan melakukan control terhadap kegiatan bimbingan konseling yang belum dilakukan oleh guru pembimbing dan jugs bekerja sama dengan guru mapel. 2) Bagi Guru bimbingan dan konseling : Guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan kajian dalam mengambil kebijakan dengan penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik self control dalam meningkatkan etika kesopanan berbicara siswa. 3) Bagi Siswa : Diharapkan siswa dapat meningkatkan etika kesopanan dalam berbicara, supaya siswa dapat menghargai dan bersikap sopan dengan sesamanya, terutama kepada orang yang lebih tua didalam kehidupan sehari harinya.4) Bagi Peneliti Selanjutnya : Peneliti harus dapat membantu siswa dalam menerapakan layanan penguasaan konten dengan teknik self control yang sangat diperlukan guna untuk meningkatkan etika kesopanan dalam berbicara siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Etika Kesopanan dalam Berbicara, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self Control.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 03:19
Last Modified: 17 Feb 2018 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8119

Actions (login required)

View Item View Item