Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Rainbow Cake Discipline Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Kelas Xi Ips 1 Sma N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017

JAZILAH, NAILIYATUL (2017) Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Rainbow Cake Discipline Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Kelas Xi Ips 1 Sma N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (802kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (312kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (270kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan media rainbow cake discipline untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di kelas XI IPS I di SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar sebelum dan sessudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media rainbow cake discipline untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas XI IPS I di SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Kedisiplinan Belajar siswa adalah suatu latihan kontrol diri dalam pembentukan karakter yang baik dan benar dalam belajarnya, tanggung jawab, dapat mengatur rencana belajar, dapat mengenali perilaku yang salah dan segera memperbaikinya. maka kedisiplinan belajar yang rendah perlu di tingkatkan melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Rainbow Cake Discipline. Layanan Bimbingan Kelompok dengan media rainbow cake discipline merupakan layanan dalam bimbingan konseling yang dapat digunakan konselor untuk membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa karena diperlukan suatu metode yang dapat menarik perhatian dan semangat siswa untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan Kedisiplinan belajar siswa yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS I, sebanyak siswa yang mempunyai kedisiplinan belajar yang cukup rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berisi penjelasan deskriptif. Hasil penelitian pra siklus Kedisiplinan Belajar Siswa menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 23,8%. Siklus I Kedisiplinan Belajar Siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup yang berarti mengalami peningkatan rata-rata dari pra siklus. Siklus II Kedisiplinan Belajar Siswa dalam kategori baik dengan rata-rata skor 65,2% yang berarti ada peningkatan. Peningkatan aktifitas siswa dalam Layanan Bimbingan Kelompok dengan Rainbow Cake Discipline mengalami peningkatan skor rata-rata 65,2% dalam kategori Baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa mulai dari Pra Siklus skor 23,8% kategori Sangat Kurang, Siklus I skor rata-rata 38,3 dalam kategori Cukup dan Siklus II skor rata-rata 65,2% dalam kategori Baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada siklus I skor rata-rata 38,3% (Cukup) dan pada Siklus II skor rata-rata 65,2% (Baik). Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Rainbow Cake Discipline untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang dapat mendukung sebagai media dalam pelaksanaan program layanan Bimbingan dan Konseling di SMA 2 Bae Kudus. 2. Kepada Guru BK (Konselo), diharapkan dapat memberikan layanan BKP sesuai dengan kebutuhan siswa mengenai rendahnya kediisplinan siswa, membantu siswa mengembangkan potensi diri, mengubah dan mengoreksi perilakunya agar lebih baik. 3. Kepada Siswa, Siswa dapat mengetahui informasi, wawasan baru yang bermanfaat dan meningkatkan kedsiiplinan belajar siswa di sekolah. 4. Kepada Peneliti, penelitian ini dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok untuk pengembangan penelitian yang dilakukan oleh peneliti selanjutnya dalam meningkatkan kedsiiplinan belajar siswa agar lebih selektif dan lebih sempurna dalam memberikan layanan kepada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Rainbow Cake Discipline, Kedisiplinan Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 03:19
Last Modified: 17 Feb 2018 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8120

Actions (login required)

View Item View Item