Penerapan Konseling Rasional Emotif Behavior Untuk Mengatasi Kepercayaan Diri Yang Rendah Pada Siswa Kelas X Pemasaran Smk Pgri 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017

LISTIYAWATI, LISTIYAWATI (2017) Penerapan Konseling Rasional Emotif Behavior Untuk Mengatasi Kepercayaan Diri Yang Rendah Pada Siswa Kelas X Pemasaran Smk Pgri 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (53kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (184kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan salah satu pangkal dari sikap dan perilaku individu. Seseorang yang mempunyai sikap percaya diri dapat mengatur dirinya sendiri, mengarahkan perasaan tanpa pengaruh orang lain dan dapat memiliki kecakapan dalam mengungkapkan perasaan maupun tingkah laku. Namun tidak semua individu memiliki sikap percaya diri yang baik. Untuk mengatasi kepercayaan diri yang rendah pada siswa dapat dilakukan dengan pemberian layanan Konseling Rasional Emotif Behavior. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan konseling individual dengan Penerapan Konseling Rasional Emotif Behavior Untuk Mengatasi Kepercayaan Diri Yang Rendah Pada Siswa Kelas X Peamasaran SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Didapatkannya perubahan sikap yaitu keyakinan terhadap diri sendiri untuk mencapai prestasi yang lebih baik, berani menghadapi tantangan dan mudah menyesuaikan diri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan Home visit. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data induktif system bacoon, yaitu peneliti mengumpulkan faktor-faktor tentang kondisi konseli, kemudian baru dapat ditarik kesimpulan tertentu atau pemecahan masalah. Subjek penelitian siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Terdapat tiga siswa yang mempunyai kepercayaan diri yang rendah yaitu IS, YS dan AC yang ditentukan berdasarkan data penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan Home visit Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan konseling rasional emotif behavior sebanyak tiga kali pertemuan, IS yang awalnya mempunyai kepercayaan diri yang rendah yang ditunjukkan dengan sikap malu, sekarang menjadi berkurang bahkan sudah berani tampil sebagai pembaca UUD’45 pada upacara peringatan hari kesaktian pancasila. YS yang awalnya mempunyai kepercayaan diri yang rendah yang ditunjukkan dengan sikap minder sekarang sudah semangat menjalani kehidupan dan percaya diri. AC yang awalnya mempunyai kepercayaan diri yang rendah yang ditunjukkan dengan perilaku sering cemas dalam menghadapi ulangan/tes sudah berkurang bahkan mampu meraih juara pertama dalam lomba menggambar. Peneliti memberikan saran: 1. Kepala Sekolah, Diharapkan Kepala Sekolah mendapatkan informasi baru terkait dengan pelaksanaan program pelaksanaan layanan BK, khususnya konseling rasional emotif behavior sebagai pedoman untuk memilih kebijakan. 2. Guru BK, Diharapkan guru BK memperoleh alternatif pemecahan masalah dengan penerapan konseling rasional emotif behavior teknik relaksasi untuk mengatasi permasalahan lain yang dialami oleh siswa. 3. Siswa, Siswa diharapkan mampu memahami keadaan yang ada pada dirinya, dan memahami dampak yang ditimbulkan dari memiliki kepercayaan diri yang rendah, sehingga siswa mampu mengatasi masalah yang sedang dialaminya, agar siswa dapat lebih percaya diri dan memiliki motivasi untuk mewujudkan cita-citanya. 4. Peneliti, Diharapkan kedepannya peneliti dapat melatih kesabaran dan meningkatkan kemampuannya untuk memberikan layanan konseling individu guna membantu mengatasi masalah yang dialami oleh siswa, dengan menerapkan teknik-teknik dalam konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh siswa, serta dapat memberikan pelayanan konseling yang lebih baik dan nyaman sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.SUCIPTO,M.Pd.Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rasional Emotif Behavior. Kepercayaan Diri Yang Rendah.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 04:28
Last Modified: 17 Feb 2018 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item