MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY PADA SISWA KELAS VII SMP 2 KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AFIFAH, MUSARIFATUN (2017) MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY PADA SISWA KELAS VII SMP 2 KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (496kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (68kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (80kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian adalah; 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok teknik role play untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII. 2. Untuk memperoleh peningkatan komunikasi interpersonal pada siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik role play. Komunikasi interpersonal adalah penyampaian informasi yang terjadi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun dengan lingkungan sekolah. Bimbingan kelompok teknik role play adalah proses pemberian informasi dan bantuan yang diberikan oleh peneliti pada sekelompok siswa melalui dinamika kelompok dengan mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, guna mencapai suatu tujuan tertentu, yaitu untuk meningkatkan komunikasi interpersonal Jenis penelitian PTBK dua siklus dengan menggunakan model konseling bimbingan kelompok teknik role play. Tempat penelitian di SMP 2 Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juni 2017. Variabel bebas bimbingan kelompok teknik role play, variabel terikat komunikasi interpersonal. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan interactive model, dan data kuantitatif dianalisis melalui persentase. Hasil penelitian melalui layanan bimbingan kelompok teknik role play dalam dua siklus terjadi peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa, pada kondisi awal dalam kategori rendah, pada siklus I masih dalam kategori rendah, dan pada siklus II meningkat dalam kategori tinggi. Simpulan; Melalui layanan bimbingan kelompok teknik role play dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Saran: Bagi kepala sekolah, sebagai bahan masukan dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Bagi guru BK, dapat memberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role play. Bagi siswa, yang kemampuan komunikasi interpersonal dalam kategori rendah untuk meningkatkan diri dengan mengenal diri sendiri dan orang lain, menciptakan dan memelihara hubungan baik antar personal. Bagi peneliti lain diharapkan agar mampu lebih mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik lagi

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs.Sunardi M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal, dan Teknik Role Play
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Feb 2018 04:35
Last Modified: 17 Feb 2018 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item View Item