Meningkatkan Keterampilanmembuat Papan Bimbingan Melalui Layananpenguasaan Konten Dengan Metodesimulasi Pada Siswa Kelasvii F Smp 2 Jekulo Kudus

GUSTIYANI, GUSTIYANI (2017) Meningkatkan Keterampilanmembuat Papan Bimbingan Melalui Layananpenguasaan Konten Dengan Metodesimulasi Pada Siswa Kelasvii F Smp 2 Jekulo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (806kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Meningkatkan keterampilan siswa dalam layanan penguasaan konten dengan metode simulasi pada siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus, 2. Prosesnya penerapan layanan penguasaan konten dengan metode simulasi dalam keterampilan membuat papan bimbingan semua siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus. Keterampilan membuat papan bimbingan adalah salah satu kemampuan bertindak atau melakukan suatu pekerjaan (tugas) dalam jenis komunikasi untuk memuat informasi-informasi dan materi-materi yang mengandung unsur bimbingan dan digunakan dengan baik, cermat, cepat, dan tepat. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Metode simulasi dalam belajar mengajar dimaksud sebagai cara untuk menjelaskan sesuatu (bahan pelajaran) melalui perbuatan yang bersifat pura-pura atau melaui proses tingkah laku imitasi, atau bermain peran mengenai suatu tingkah laku yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan yang sebenarnya. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah: 1. Ada peningkatan keterampilan membuat papan bimbingan dengan menggunakan layanan penguasaan konten melalui media simulasi pada siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus, 2. Layanan penguasaan konten dengan media simulasi dapat meningkatkan keterampilan membuat papan bimbingan pada siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti merupakan siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus dengan jumlah siswa 34 yang kurang mempunyai keterampilan dalam membuat papan bimbingan. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit dalam setiap pertemuan. Variabel terikat adalah minimnya keterampilan siswa dalam membuat papan bimbingan. Sedangkan variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan metode simulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskripsi kualitatif. Hasil penelitian pra-siklus keterampilan siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo dalam membuat papan bimbingan memperoleh skor 828 rata-rata 24 dengan persentase 49% masuk kategori rendah. Pada siklus I memperoleh skor rata-rata 30 denganp persentase 60% masuk kategori cukup, mengalami peningkatan sebesar 6% dari pra siklus. Sedangkan siklus II diperoleh skor rata-rata 36 dengan persentase 73% masuk dalam kategori cukup, mengalami peningkatan yang diperoleh sebesar 6% dibandingkan siklus I. sedangkan aktifitas peneliti dalam memberikan layanan penguasaan konten dengan metode simulasi pada siklus I memperoleh jumlah skor 59 rata-rata 3 dengan persentase 59% masuk dalam ketegori cukup. Pada siklus II skor yang dicapai sebesar 86 rata-rata 4 dengan persentase 86% masuk dalam kategori tinggi, peningkatan jumlah skor yang diperoleh sebesar 27% dibandingkan dengan siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pembahasan simpulan ini adalah peningkatan keterampilan siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus dalam membuat papan bimbingan melalui layanan penguasaan konten dengan metode simulasi, pada siklus I rata-rata skor sebanyak 30 dan memperoleh persentase 60% dalam kategori cukup, pada siklus II rata-rata skor sebanyak 36 dan memperoleh persentase 73% dalam kategori cukup. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus dengan peningkatan 13% dari siklus I. Jadi hipotesis yang berbunyi layanan penguasaan konten dengan metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan dalam membuat papan bimbingan siswa kelas VII F SMP 2 Jekulo Kudus dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Berdasarkan kesimpulan peneliti memberikan saran kepada: 1. Siswa, mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat papan bimbingan. 2.Guru Bk, memberikan layanan penguasaan konten dengan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat papan bimbingan dengan materi bimbingan dan konseling. 3. Kepala sekolah, sebagai pedoman kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran di lembaga pendidikan yang dipimpinnya. 4. Peneliti selanjutnya, untuk memperkaya wawasan dalam penggunaan model pembelajaran layanan penguasaan konten dengan metode simulasi, memahami karakteristik siswa untuk memahami materi dan meningkatkan keterampilan dalam membuat papan bimbingan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Drs.Susilo rahardjo,M.Pd.Kons
Kata Kunci: Kata Kunci : Keterampilan Membuat Papan Bimbingan, Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Feb 2018 01:09
Last Modified: 19 Feb 2018 01:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8132

Actions (login required)

View Item View Item