MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD 6 BULUNGCANGKRING KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUBSIROH, NURUL (2017) MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD 6 BULUNGCANGKRING KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (8MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (969kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (86kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (130kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam mereduksi perilaku agresif siswa kelas V SD 6 Bulungcangkring Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Mendeksripsikan penurunan perilaku agresif siswa setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas V SD Bulungcangkring Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Perilaku agresif merupakan perilaku yang membahayakan orang lain, yang mana pelaku agresif melakukannya benar-benar karena kesengajaan bukan karena membela diri atau apapun, tetapi benar-benar untuk mendapatkan haknya, namun dengan cara melukai hak orang lain. Bimbingan kelompok adalah kegiatan kelompok diskusi yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing-masing individu dalam kelompok, serta meningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok guna aneka tujuan yang bermakna bagi para peserta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 6 Bulungcangkring Kudus sebanyak delapan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan: Observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan antara lain: data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: Pada pra siklus perilaku agresif masih sangat tinggi, dengan skor rata-rata perilaku agresif 46,13 (92%). Pada pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama siklus I perilaku agresif telah mengelami penurunan, di mana pada pertemuan pertama 39,88 (80%) kategori (Tinggi), pertemuan kedua 36 (72%) kategori (Tinggi), pertemuan ketiga 30,50 (61%) kategori (Cukup). Pada siklus II kondisi perilaku agresif semakin menurun, hal ini dibuktikan dengan pertemuan pertama 24,13 (48%) kategori (Rendah), pertemuan kedua 16,25 (33%) kategori (Sangat Rendah), pertemuan ketiga 13,50 (27%) kategori (Sangat Rendah). Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siklus I mendapatkan skor 55 kategori (Cukup), pada siklus II mendapatkan skor 88 (Sangat Baik). Maka hipotesis yang menyatakan: “Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat mereduksi perilaku agresif pada siswa kelas VSD 6 Bulungcangkring Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Perilaku agresif siswa kelas V SD 6 Bulungcangkring Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 pada siklus I mendapatkan skor 30,5 (61%) kategori (Cukup). Pada siklus II mendapatkan skor 13,5 (27%) kategori (27%) kategori (Sangat Rendah). Maka hipotesis yang menyatakan: “Ada penurunan perilaku agresif siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Kepala Sekolah: dengan diperolehnya penuruan perilaku agresif yang dialami oleh siswa kelas V SD 6 Bulungcangkring Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, diharapkan kepala sekolah dapat memberikan kesempatan kepada lulusan dari bimbingan konseling untuk dapat mengabdikan diri di lingkungan pendidikan dasar. Untuk memberikan bimbingan dan pengentasan masalah yang dialami oleh siswa sekolah dasar. 2. Guru Kelas: dengan keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mereduksi perilaku agresif pada siswa kelas V SD 6 Bulungcangkring Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, diharapkan guru kelas dapat lebih memperhartikan perkembangan siswa. 3. Siswa: Diharapkan siswa lebih dapat lebih mengontrol perilaku agresif, sehingga keinginan untuk melakukan tindakan agresif berkurang dan berangsur-angsur menghilang. 4. Peneliti Selanjutnya: Penelitian selanjutnya hendaknya menggunakan teknik konseling atau layanan bimbingan konseling yang sesuai dengan permasalahan siswa, dan menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam mengembangkan penelitian dalam ranah bimbingan dan konseling di kemudian hari menjadi lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dra.Susilo Rahardjo,M.Pd.,Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perilaku Agresif, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 19 Feb 2018 01:58
Last Modified: 19 Feb 2018 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item View Item