Mengatasi Kecemasan Menentukan Karir Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Homeroom Pada Siswa Kelas Xi Ips-1 Sma 1 Mejobo

DAMAYANTI, ELZA (2017) Mengatasi Kecemasan Menentukan Karir Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Homeroom Pada Siswa Kelas Xi Ips-1 Sma 1 Mejobo. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (924kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Kecemasan menentukan karir merupakan perasaan tidak menyenangkan yang dialami oleh individu. Perasaan tersebut ditandai dengan perasaan bingung, cemas dan kesulitan merencanakan pemilihan karir dan kesulitan dalam membuat keputusan dalam menentukan karir yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dalam upaya mengatasi kecemasan menentukan karir siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom untuk mengatasi kecemasan menentukan karir siswa kelas XI IPS-1 SMA 1 Mejobo Tahun Pelajaran 2016/2017?, dan 2. Apakah kecemasan menentukan karir siswa kelas XI IPS-1 SMA 1 Mejobo dapat di atasi melalui layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom? Tujuan penellitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom untuk mengatasi kecemasan dalam menentukan karir siswa kelas XI IPS-1 SMA 1 Mejobo Tahun Ajaran 2016/2017, 2. Diperoleh hasil bahwa kecemasan dalam menentukan karier siswa kelas XI IPS-1 SMA 1 Mejobo dapat di atasi melalui layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, dengan metode penelitian kulitatif yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek yang diteliti sebanyak 8 siswa kelas XI IPS-1 SMA 1 Mejobo Kudus yang mengalami kecemasan menentukan karir. Variabel penelitian: konselig kelompok teknik homeroom (variabel bebas), dan kecemasan menentukan karir (variabel terikat). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yaitu permasalahan siswa yang mengalami kecemasan menentukan karir. Bedasarkan hasil observasi pada pra siklus kecemasan menentukn karir siswa memperoleh hasil rata-rata skor 17 (36%) dengan kategori sangat kurang. Setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik homeroom dalam dua siklus yaitu pada siklus I memperoleh skor rata-rata mengikat menjadi 25 (51%) kategori kurang, dan pada siklus II memproleh rata-rata skor 38 (77%) kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulan hasil penelitian ini layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom telah berhasil mencapai peningkatan 41% dari kondisi pra siklus. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyampaikan saran kepada: a. Kepala Sekolah, hendaknya dengan penelitian ini diharapkan kepala sekolah dapat memberikan kebijakan terhadap pelaksanaan BK disekolah dalam membantu siswa siswi dalam mengatasi kecemasan dalam menentukan karier. b. Guru BK, dengan penelitian ini hendaknya dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan koseling layanan konseling kelompok dalam membantu siswa dalam mengatasi kecemasan siswa dalam menentukan karier sehingga siswa tersebut tidak cemas setelah lulus nanti. c. Siswa, hendaknya melalui penelitian ini diharapkan agar siswa dapat mengatasi dan memecahkan permasalahannya dengan memanfaatkan layanan dalam bimbingan dan konseling disekolah. d. Peneliti Selanjutnya, dalam penelitian ini, peneliti menyadari masih ada kekuranagan-kekurangan pada beberapa bagian dalam menerapkan layanan konseling kelompok dengan teknik homeroom untuk membantu siswa. Oleh karena itu diharapkan para peneliti selanjutnya melanjutkan pengembangan dan pemberian tindakan dalam upaya mengatasi kecemasan menentukan karir yang dialami para siswa, agar para siswa tidak merasa cemas, bingung lagi dalam menentukan karirnya dimasa depan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Drs. Sucipto, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecemasan Menentukan Karir, Konseling Kelompok, Teknik Homeroom
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:29
Last Modified: 19 Feb 2018 02:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8145

Actions (login required)

View Item View Item