Upaya Meningkatkan Daya Ingat Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Media Mind Map Pada Siswa Kelas Xi Tav 3 Smk N 2 Kudus

EVIRIYANI , MEIDA (2017) Upaya Meningkatkan Daya Ingat Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Media Mind Map Pada Siswa Kelas Xi Tav 3 Smk N 2 Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (hal. judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (807kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Daya ingat belajar siswa adalah kemampuan otak siswa yang membuat seseorang dapat tetap beraktivitas dengan baik untuk menangkap atau memasukkan, menyimpan, dan menimbulkan kembali atas informasi yang pernah dilihat maupun dialami oleh siswa.Daya ingat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan berbagai upaya. Peneliti berupaya untuk meningkatkan daya ingat belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan berbantuan media mind map. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan penguasaan konten berbantuan media mind map dapat meningkatkan daya ingat belajar siswa pada siswa kelas XI TAV 3 SMK N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan tindakan peneliti dalam memberikan layanan penguasaan konten dengan menggunakan media mind map sehingga dapat meningkatkan daya ingat belajar pada siswa kelas XI TAV 3 SMK N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Mengetahui peningkatan daya ingat belajar siswa setelah memperoleh layanan penguasaan konten dengan menggunakan media mind map pada siswa kelas XI TAV 3 SMK N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI TAV 3, sebanyak 38 siswa yang mempunyai daya ingat belajar yang rendah.Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II).Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 40 menit. Hasil penelitian pra siklus meningkatkan daya ingat belajar siswa menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata skor 19,47. Siklus I Meningkatkan Daya Ingat Belajar Siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 25,71 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 6,24 dari pra siklus. Siklus II Meningkatkan Daya Ingat Belajar Siswa dalam kategori baik dengan rata-rata skor 34,73 yang berarti ada peningkatan rata-rata skor 9,02 dari siklus II. Peningkatan aktifitas siswa dalam layanan penguasaan konten berbantuan media mind map mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata 25,71 dalam kategori Cukup dan pada siklus II skor rata-rata 34,73 dalam kategori Sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan daya ingat belajar siswa mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 19,47 kategori kurang, Siklus I skor rata-rata 25,71 dalam kategori cukup dan Siklus II skor rata-rata 34,73 dalam kategori Baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada Siklus I skor rata-rata ix 25,71 (Cukup) dan pada Siklus II skor rata-rata 34,73 (Baik). Dengan demikian Layanan Penguasaan Konten berbantuan media mind map efektif untuk meningkatkan daya ingat belajar siswa. Disarankan kepada: Kepala Sekolah, dengan penelitian ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam meningkatkan daya ingat belajar siswa dengan berbantuan media mind map. 2. Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, agar memberikan layanan penguasaan konten berbantuan media mind map yang berkaitan dengan meningkatkan daya ingat belajar siswa kepada siswa secara efektif serta sesuai dengan kebutuhan siswa agar daya ingat belajar siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada Siswa, agar dapat meningkatkan daya ingat belajar siswa dengan berbantuan media mind map.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Meningkatkan Daya Ingat Belajar Siswa. Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Media Mind Map.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:38
Last Modified: 19 Feb 2018 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item