Peningkatan Kepemimpinan Anggota Bantara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Di Smk Wisudha Karya Kudus

TYAS, ANGGUN (2017) Peningkatan Kepemimpinan Anggota Bantara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Di Smk Wisudha Karya Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik modeling dalam meningkatkan kepemimpinan anggota Bantara di SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Mendeksripsikan peningkatan kepemimpinan anggota Bantara setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik modeling di SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Kepemimpinan adalah kemampuan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bimbingan kelompok adalah kegiatan kelompok diskusi yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing-masing individu dalam kelompok, serta meningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok guna aneka tujuan yang bermakna bagi para peserta. Hipotesis penelitian: 1. Layanan bimbingan kelompok teknik modeling dapat meningkatkan kepemimpinan anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Ada peningkatan kepemimpinan pada anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 10 anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian peneliti uraikan pada pra siklus anggota kelompok (Anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus) mendapatkan skor 18 (36%) kategori (Kurang), pada siklus I pertemuan pertama anggota kelompok memperoleh skor 23 (47%) kategori (Kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 26 (53%) kategori (Cukup), pertemuan ketiga memperoleh skor 30 (60%) kategori (Cukup). Pada siklus II anggota kelompok memperoleh skor 34 (68%) kategori (Baik), pertemuan kedua anggota kelompok memperoleh skor 38 (75%) kategori (Baik), pertemuan ketiga 42 (84%) kategori (Sangat Baik). Simpulan dalam penelitian sebagai berikut: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik modeling pada siklus I memperoleh skor 65 (65%) kategori (Cukup), pada siklus II memperoleh skor 88 (88%) kategori (Sangat Baik). Jadi hipotesis yang menyatakan “Layanan bimbingan kelompok teknik modeling dapat meningkatkan kepemimpinan anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Kepemimpinan anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus pada siklus I memperoleh skor 30 (60%) kategori (Cukup), pada siklus II memperoleh skor 42 (84%) kategori (Sangat Baik). Jadi hipotesis yang menyatakan “Ada peningkatan kepemimpinan pada anggota Bantara SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam mengembangkan kegiatan kepramukaan di SMK Wisudha Karya serta kesempatan pada guru bimbingan dan konseling SMK Wisudha Karya dalam memberikan pelayanan bimbingan konseling pada siswa. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling diharapkan mampu untuk melakuan kolaborasi dengan kurikulum dan guru mata pelajaran dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa di SMK Wisudha Karya Kudus. 3. Pembina Pramuka: Pembina Pramuka diharapkan mampu mengembangkan kepemimpinan yang dimiliki oleh anggota Bantara dan mempersipkan anggota Penegak untuk dapat memiliki kecakapan kepemimpinan yang lebih baik di kemudian hari. 4. Anggota Bantara: Anggota Bantara diharapkan dapat memimpin anggota Penegak dengan baik dan arif seperti contoh model yang diberikan oleh peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. 5. Peneliti Selanjutnya: Peneliti selanjutnya diharapkan mampu untuk teknik konseling atau jenis layanan yang lebih variatif di kemudian hari demi pengembangan ranah penelitan bimbingan konseling yang lebih baik di kemudian hari.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemimpinan, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:12
Last Modified: 19 Feb 2018 03:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8154

Actions (login required)

View Item View Item