Peningkatan Etika Siswa Terhadap Guru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Vii C Mts Matholi’ul Falah Kudus

RIMA HIDAYANTI, NAELY (2017) Peningkatan Etika Siswa Terhadap Guru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Vii C Mts Matholi’ul Falah Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan etika terhadap guru pada siswa kelas VII C Matholi’ul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Mendeksripsikan peningkatan etika terhadap guru setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas VII C Matholi’ul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Etika siswa terhadap guru misalnya menghormati guru di manapun guru berada, baik di sekolah maupun di luar sekolah, mengucapkan salam seraya menyapa dengan hormat saat berpapasan dengan guru, memperhatikan dan mendengarkan saat guru menerangkan pelajaran di kelas, mengerjakan semua tugas pelajaran yang diberikan guru. Bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada anggota kelompok yaitu siswa kelas VII C MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui kegiatan diskusi dengan topik yang sudah ditentukan oleh pemimpin kelompok atau peneliti dengan tujuan memberikan pemahaman kepada anggota kelompok tentang pentingnya etika terhadap guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling, dengan subjek pada 10 siswa yang duduk di kelas VII C MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif yang disajikan secara kualitatif. Etika siswa terhadap guru sebelum pelaksanaan tindakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama diketahui memperoleh skor rata-rata 14,5 (29%) kategori (Sangat Kurang). Setelah pelaksanaan tindakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siklus I pertemuan pertama siswa memperoleh skor rata-rata 18,3 (37%) kategori (Kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 23,5 (47%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga memperoleh skor 26,7 (53%) kategori (Cukup). Pada siklus II etika siswa terhadap guru meningkat pada pertemuan pertama siswa memperoleh skor 31 (62%) kategori (Cukup), pertemuan kedua memperoleh skor 35,4 (71%) kategori (Baik), pertemuan ketiga 41,9 (84%) kategori (Sangat Baik). Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Keterampilan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siklus I memperoleh skor 51 (51%) kategori (Cukup), pada siklus II telah meningkatkan dengan memperoleh skor 81 (81%) kategori (Sangat Baik). 2. Etika siswa terhadap guru pada pra siklus memperoleh skor 14,5 (29%) kategori (Sangat Kurang), pada siklus I etika siswa terhadap guru meningkat menjadi 26,7 (53%) kategori (Cukup), pertemuan di siklus II siswa memperoleh skor 41,9 (84%) kategori (Sangat Baik). Jadi hipotesis tindakan yang menyebutkan “Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika siswa terhadap guru pada siswa kelas VII C MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak-pihak terkait penelitian ini sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai dasar pertimbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan iklim sekolah yang menjunjung tinggi etika yang baik. 2. Siswa: Harus mematuhi peraturan sekolah serta menjaga dan meningkatkan etika yang baik terhadap guru, sehingga mampu memiliki sikap dan sifat akhlaqul karimah. 3. Wali Kelas: Hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai masukan dalam menciptakan iklim di kelas yang baik dengan menjunjung tinggi etika, baik itu etika antar siswa dan etika terhadap guru. Serta mengawasi etika siswa asuhnya dengan lebih baik. 4. Guru Bimbingan dan Konseling: Hendaknya menggunakan hasil penelitian sebagai reverensi dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling secara optimal, khususnya layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika siswa terhadap guru. 5. Peneliti Selanjutnya: Hendaknya memperhatikan faktor-faktor penurunan etika yang dimiliki oleh siswa, serta dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama yang lebih baik lagi dikemudian hari.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Drs.H. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Etika Siswa terhadap Guru. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:27
Last Modified: 19 Feb 2018 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8158

Actions (login required)

View Item View Item