Upaya Meningkatkan Perilaku Anti Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma 1 Gebog

WAKHIDAH , NOR (2017) Upaya Meningkatkan Perilaku Anti Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma 1 Gebog. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (546kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Perilaku anti Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang menghindari tindakan Prokrastinasi akademik atau menunda-nunda. Yang mana Prokrastinasi akademik merupakan suatu penundaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang, dengan melakukan aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam pengerjaan tugas. Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya perilaku prokrastinasi akademik yang sering muncul dalam menyelesaikan tugas. Untuk mewujudkan perilaku anti prokrastinasi akademik peneliti menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik self magement. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan perilaku anti prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog. 2. Meningkatkan perilaku anti prokrastinasi akademik melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog. Mengetahui efektfitas Layanan Konseling Kelompok dengan teknik Self Management pada siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 2, sebanyak 8 siswa yang mempunyai pemahaman perilaku anti prokrastinasi akademik yang rendah. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. (Siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus perilaku anti prokrastinasi akademik siswa menunjukkan persentase 33% dalam kategori sangat kurang (SK). Siklus I Pertemuan 1 memperoleh persentase sebesar 41% dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan 2 memperoleh persentase 53% dalam kategori cukup (C), siklus I pertemuan 3 memperoleh persentase 56% dalam kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh persentase 67% dalam kategori cukup (C), siklus II pertemuan 2 memperoleh persentase 72% dengan kategori baik (B), dan siklus II pertemuan 3 memperoleh persentase 80% dalam kategori baik (B). Simpulan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatkan perilaku anti prokrastinasi akademik melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management diperoleh dari 8 siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II memperlihatkan bahwa mengalami peningkatan. Jadi peningkatan perilaku anti prokrastinasi akademik melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management 33% dari 53% menjadi 73%. Dengan demikian penelitian xi tindakan bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa hipotesis siswa yang menyatakan “upaya meningkatkan perilaku anti prokrastinasi akademik melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog”, dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Disarankan Kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, Bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan kebijakan yang dapat meningkatkan pelaksanaan program BK disekolah. 2. Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, agar dapat digunakan pedoman bagi Guru bimbingan dan Konseling untuk melakukan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam upaya meningkatkan perilaku anti prokrastinasi akademik. 3. Kepada Siswa, agar dapat terbantu dalam meningkatkan perilaku anti prokrastinasi akademik dan dapat meningkatkan potensi dirinya dengan memanfaatkan layanan konseling kelompok dengan teknik self management.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1: Indah Lestari, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perilaku anti Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok dengan teknik Self Management.
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Feb 2018 01:10
Last Modified: 22 Feb 2018 01:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item