MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DI PANTI ASUHAN NURUL JANNAH MELATI KUDUS

PRASTIYO, AGUNG BAGUS (2018) MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DI PANTI ASUHAN NURUL JANNAH MELATI KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (707kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (603kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (182kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan konselor dan etika berbicara lisan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di panti asuhan Nurul Jannah Melati Kudus. Teknik sosiodrama merupakan teknik dalam bimbingan kelompok untuk memecahkan masalah-masalah sosial melalui kegiatan bermain peran. Pemilhan teknik sosiodramadirasa tepat karenadapat melatih keterampilan–keterampilan hidup, salah satunya adalah ketrampilan untuk meningkatkan etika berbicara lisan pada anak di Panti Asuhan Nurul. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan kelompok yang berinteraksi, saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran, dan sebagainya, dimana pemimpin kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar dapat membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini akan dilaksanakan di panti asuhan Nurul Jannah Melati Kudus dengan subjek penelitian 8 anak. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sedangkan variabel terikatnya yaitu etika berbicara lisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan mulai dari keterampilan peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok sampai dengan meningkatnya etika berbicara anak. Keterampilan keterampilan peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I diperoleh rata-rata 57%dan siklus II diperoleh rata-rata 81,3%. Adapun etika berbicara anak diperoleh rata-rata pada siklus I 50,34% dan siklus II 76%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara lisan pada anak di Panti Asuhan Nurrul Jannah Melati Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru atau konselor dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat sebagai cara alternatif untuk meningkatkan etika berbicara lisan pada anak.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Etika Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 30 Apr 2018 11:40
Last Modified: 30 Apr 2018 11:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8686

Actions (login required)

View Item View Item