PENINGKATAN KEDISIPLINAN SHOLAT FARDHU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII B MTs. NU HASYIM ASY’ARI 01 KUDUS

TAIN, TAIN (2018) PENINGKATAN KEDISIPLINAN SHOLAT FARDHU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII B MTs. NU HASYIM ASY’ARI 01 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (787kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (705kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (149kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan pelaksanaan Bimbingan Kelompok dan keadaan kedisiplinan siswa kelas VIII B MTs. NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan sholat fardhu (sholat dhuhur) dengan penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management pada siswa kelas VIII B MTs. NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Untuk meningkatkan kedisiplinan sholat fardhu (sholat dhuhur) peneliti akan melakukan penerapan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas VIII B MTs. NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek yang teliti sebanyak 10 (sepuluh) siswa MTs. NU Hasyim Asy’ari 01 yaitu ECP, MUN, SR, BP, CDR, KKA, MFN, VCD, HP dan VA kelas VIII B yang memiliki permasalahan kedisiplinan sholat fardhu (sholat dhuhur). Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Kedisiplinan Menjalanakan Sholat Fardhu menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 10,9. Siklus I Peningkatan Kedisiplinan Menjalankan Sholat Fardhu mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 26,1 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 16 dari pra siklus. Siklus II Peningkatan Kedisiplinan Menjalankan Sholat Fardhu dalam ketegori baik dengan rata-rata skor 43,2 yang berarti ada peningkatan 43,2 %. Peningkatan aktifitas siswa dalam Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik self management mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 52,9 dalam kategori Rendah dan pada siklus II skor rata-rata 85 dalam kategori Sangat Tinggi. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan Kedisiplinan Menjalankan Sholat Fardhu mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 10,9 kategori sangat kurang, siklua I skor rata-rata 26,1 dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 43,2 dalam kategori baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada siklus I skor rata-rata 52,9 (rendah) dan pada siklus II skor rata-rata 85 (sangat tinggi). Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik self management dapat meningkatakan kedisiplinan menjalankan sholat fardhu. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, Diharapkan kepada kepala sekolah untuk menfalisitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan layanan yang dilaksanakan oleh guru BK agar dapat meningkatkan kualitas dalam layanan yang diberikan kepada siswa-siswa MTs. NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. 2. Kepada Guru Pembimbing, Diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan kelompok di sekolah. 3. Kepada Siswa, Bagi siswa di harapkan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik self management siswa dapat mendapatkan manfaat yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kedisiplinan Sholat, Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 30 Apr 2018 13:43
Last Modified: 30 Apr 2018 13:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8688

Actions (login required)

View Item View Item