PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS X MA MANZILUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KRISJAYANTI, HESTI (2018) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS X MA MANZILUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (965kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (780kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (879kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (157kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Krisjayanti, Hesti. 2018. Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas X MA Manzilul Ulum Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing (I) Drs. Sunardi, M.Pd. Pembimbing (II) Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. 2. Memperoleh peningkatan kreativitas belajar siswa kelas X MA Manzilul Ulum Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. Kreativitas belajar menjadi salah satu bentuk kreativitas yang penting dimiliki setiap individu karena kreativitas belajar dapat melatih siswa untuk tidak bergantung pada orang lain. Kreativitas siswa dalam belajar sangat mempengaruhi siswa tersebut untuk memperoleh keberhasilan dalam kehidupan. Peneliti berupaya untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi agar dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas X MA Manzilul Ulum Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X MA Manzilul Ulum Kudus sebanyak 8 siswa yang kreativitas belajarnya rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan, dan setiap pertemuan membahas materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil Penelitian mengenai aktivitas peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh hasil 58 (58%) dengan kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 85 (85%) dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian kreativitas belajar siswa pra siklus menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 16,7 (33%). Siklus I pertemuan ketiga kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup memperoleh rata-rata skor 29 (58%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor sebesar 12,3 dari pra siklus. Siklus II pertemuan ketiga kreativitas belajar siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 42,1 (84%). Simpulan dari hasil penelitian ini adalah aktivitas peneliti pada siklus I memperoleh hasil 58 (58%) dengan kategori cukup. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 85 (85%) dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian peningkatan kreativitas belajar siswa pra siklus memperoleh skor rata-rata 16,7 (33%) kategori sangat kurang, siklus I pertemuan ketiga skor rata-rata 29 (58%) kategori cukup, siklus II pertemuan ketiga skor rata-rata 42,1 (84%). Dengan demikian maka hipotesis “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa kelas X MA Manzilul Ulum Kudus tahun pelajaran 2016/2017” dapat diterima karena memenuhi kriteria indikator keberhasilan dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi siswa agar dapat ikut berpartisipasi dan memanfaatkan fungsi layanan bimbingan konseling dalam membantu memecahkan permasalahan. 2. Bagi guru bimbingan konseling agar dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi masalah lain yang muncul dari siswa. 3. Bagi kepala sekolah agar dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana kepada guru bimbingan konseling agar pelaksanaan layanan bimbingan konseling dapat berjalan dengan optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kreativitas Belajar Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 May 2018 08:52
Last Modified: 02 May 2018 08:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item