UPAYA MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS LIFE SKIll PADASISWA KELAS X MA MANZILUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SILFIYAH, SITI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS LIFE SKIll PADASISWA KELAS X MA MANZILUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (647kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (514kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (198kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kematangan karir siswa yaitu sikap kompetensi yang berperan untuk pengambilan keputusan karir. Sikap dan kompetensi tersebut mendukung penentuan keputusan karir yang tepat. Kematangan karir juga merupakan refleksi dari proses perkembangan karir siswa untuk meningkatkan kapasitas untuk membuat keputusan karir, maka kematangan karir yang rendah perlu ditingkatkan melalui Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skill. Layanan bimbingan kelompok berbasis life skill merupakan layanan dalam bimbingan konseling yang dapat digunakan konselor untuk membantu siswa dalam meningkatkan kematangan karir siswa diperlukan metode yang dapat menarik perhatian dan semangat siswa untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan kematangan karir siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah; 1. Mendiskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok berbasis life skill dalam meningkatkan kematangan karir siswa kelas X MA MANZILUL ULUM KUDUS Tahun Pelajaran 2017/2018,2. Mendiskripsikan peningkatan kematangan karir siswa kelas X MA MANZILUL ULUM KUDUS Tahun pelajaran 2017/2018 sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berbasis life skill. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X MA MANZILUL ULUM, sebanyak siswa yang mempunyai kematangan karir yang cukup rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berisi penjelasan deskriptif. Hasil penelitian pra siklus Kematangan Karir Siswa menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 29%. Siklus I Kematangan Karir Siswa mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata 45% yang berarti mengalami peningkatan rata-rata dari pra siklus. Siklus II Kematangan Karir Siswa dalam kategori baik dengan rata-rata skor 80% yang berarti ada peningkatan. Peningkatan kematangan karir siswa dalam Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skill mengalami peningkatan skor rata-rata 60% dalam kategori Baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan Kematangan Karir Siswa mulai dari Pra Siklus skor 29% kategori Sangat Kurang, Siklus I skor rata-rata 45% dalam kategori Kurang dan Siklus II skor rata-rata 80% dalam kategori Baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada siklus I skor rata-rata 45% (Kurang) dan pada Siklus II skor rata-rata 80% (Baik). Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang dapat mendukung sebagai metode dalam pelaksanaan program layanan Bimbingan dan Konseling di MA Manzilul Ulum Kudus. 2. Kepada Guru BK (Konselo), diharapkan dapat memberikan layanan BKP sesuai dengan kebutuhan siswa mengenai rendahnya kematangan karir siswa, membantu siswa mengembangkan potensi diri, membantu dalam keputusan memilih karirnya 3. Kepada Siswa, Siswa dapat mengetahui informasi, wawasan baru yang bermanfaat dan meningkatkan kematangan karir siswa di sekolah. 4. Kepada Peneliti, penelitian ini dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok untuk pengembangan penelitian yang dilakukan oleh peneliti selanjutnya dalam meningkatkan kematangan karir siswa agar lebih selektif dan lebih sempurna dalam memberikan layanan kepada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Bimbingan Kelompok, Berbasis Life Skill, Kematangan Karir
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 May 2018 09:15
Last Modified: 02 May 2018 09:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8690

Actions (login required)

View Item View Item