PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS

SOFIANITA, HENNY NOOR (2018) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (497kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (224kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (887kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Noor Sofianita, Henny. 2018. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas X TP 4 di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun 2017/2018. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons, (ii) Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Disiplin belajar merupakan suatu kondisi yang sangat penting dan sangat diperlukan bagi setiap siswa dalam menentukan keberhasilan dalam proses belajarnya. Dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai. Untuk mewujudkan pemahaman mengenai disiplin belajar peneliti berupaya untuk meningkatkan disiplin belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat meningkatkan disiplin belajar pada siswa kelas X TP 4 di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa, 2. Untuk membantu meningkatkan disiplin belajar pada siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di kelas X TP 4 SMK Wisudha Karya Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X TP 4 SMK Wisudha Karya Kudus sebanyak 8 siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus terhadap peningkatan indikator disiplin belajar menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata persentase 36%. Siklus I terhadap peningkatan indikator disiplin belajar mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata persentase 44% yang berarti mengalami peningkatan rata-rata 8% dari pra siklus. Siklus II terhadap peningkatan indikator disiplin belajar mengalami peningkatan dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 73% yang berarti ada peningkatan 29%. Peningkatan aktifitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 59% dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 78% dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan disiplin belajar mulai dari pra siklus skor rata-rata 36% kategori sangat kurang, siklus I skor rata-rata 44% dalam kategori kurang dan siklus II skor rata-rata 73% dalam kategori baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada siklus I skor rata-rata 59% (cukup) dan pada siklus II skor rata-rata 78% (baik). Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan penyusunan kebijakan sekolah agar perkembangan siswa berjalan dengan baik. 2. Kepada Guru Pembimbing, agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar kepada siswa secara intensif serta sesuai dengan kebutuhan siswa agar disiplin belajar siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada Siswa, agar selalu melaksanakan tanggungjawab sebagai siswa dan selalu menerapkan disiplin belajar dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Disiplin Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 May 2018 09:28
Last Modified: 02 May 2018 09:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item