PENDEKATAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION UNTUK MENANGANI STRES DALAM AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR PADA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA N 3 PATI

PRATIWI, HENI (2018) PENDEKATAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION UNTUK MENANGANI STRES DALAM AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR PADA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA N 3 PATI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. depan) - Accepted Version
Download (579kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (429kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (279kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (626kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (266kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menemukan faktor penyebab stres dalam aktivitas belajar mengajar pada siswa kelas X MIPA 2 SMA N 3 Pati, 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive untuk menangani stres dalam aktivitas belajar mengajar pada siswa kelas X MIPA 2 SMA N 3 Pati. Stres dalam aktivitas belajar mengajar merupakan suatu kondisi atau keadaan yang dialami seseorang dimana ada kecemasaan dan ketakutan yang diakibatkan oleh pemikiran tidak relevan khususnya dalam aktivitas belajar mengajar. Untuk membantu siswa yang mengalami stres dalam aktivitas belajar mengajar, maka peneliti berupaya menerapkan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therpy (REBT) teknik cognitive disputation. Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therpy (REBT) adalah pendekatan yang mengajarkan kembali untuk memahami input kognitif yang menyebabkan stres dalam aktivitas belajar mengajar dengan mengubah pikiran irrasional konseli. Cognitive Disputation merupakan teknik utama dalam pendekatan Rational-Emotive Behavior Therpy (REBT) yang mana teknik ini menggunakan cara mendebat keyakinan irrasional konseli menggunakan pertanyaan logis. Penelitian studi kasus ini akan dilaksanakan di SMA N 3 Pati dengan subyek penelitian tiga siswa (AR, DM, NI) ketiga siswa ini terindikasi mengalami stres dalam aktivitas belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi serta metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang secara bersamaan yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukkan penyebab AR, DM, dan NI mengalami stres dalam aktivitas belajar mengajar disebabkan: Klien AR mengembangkan persepsi negatif terhadap cara mengajar guru, pengalaman hidup mengenai cara belajar, dan kondisi kelas yang kurang mendukung. Klien DM mengembangkan persepsi negatif terhadap cara mengajar guru maupun ketidak mampuan dirinya dalam mengerjakan tugas, dan dipengaruhi oleh teman-teman kos klien. Klien NI mengembangkan persepsi negatif terhadap kemampuan dirinya dan tuntutan belajar dari orangtua. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik cognitive disputation. Dari hasil konseling ketiga siswa tersebut, mereka dapat mengatasi stres dalam aktivitas belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan teknik cognitive disputation efektif digunakan untuk mengatasi stres dalam aktivitas belajar mengajar pada siswa kelas X MIPA 2 SMA N 3 Pati. Sehingga siswa dapat berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pola pikir maupun perasaan dan perilaku konseli. Konseli mampu mengatasi stres dalam aktivitas belajar mengajar, selain itu terjadi perubahan pola pikir maupun perasaan dan perilaku siswa. Peneliti memberikan saran: 1) Siswa yang mengalami stres dalam aktivitas belajar mengajar diharapkan dapat mengelola persepsi, lebih memahami keadaan yang ada pada dirinya, dan memahami dampak yang ditimbulkan oleh stres dalam aktivitas belajar mengajar; 2) Peneliti untuk pengembangan penelitian selanjutnya, maka bagi peneliti nantinya yang akan menangani stres dalam aktivitas belajar mengajar hendaknya lebih memahami kondisi konseli dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dialami oleh konseli dan menggunakan berbagai teknik lebih bervariatif sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh konseli. Selain itu dalam melakukan penelitian lebih memperbanyak referensi agar mempunyai cukup bekal dalam melakukan penelitian dan akan lebih mudah dalam menerapkan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik cognitive disputation.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive Disputation, Stres Dalam Aktivitas Belajar Mengajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 May 2018 13:06
Last Modified: 02 May 2018 13:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8700

Actions (login required)

View Item View Item