PENERAPAN LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERETIKA DALAM TINGKAT LAKU SISWA PADA KELAS X-OTOMATIF 3 SMK N 2 PATI TAHUN AJARAN 2017/2018

JUMANTO, HERI (2018) PENERAPAN LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERETIKA DALAM TINGKAT LAKU SISWA PADA KELAS X-OTOMATIF 3 SMK N 2 PATI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (688kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (147kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (lampiran) - Accepted Version
Download (5MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui tindakan peneliti dalam melaksanakan layanan informasi dengan teknik sosiodrama kepada siswa kelas X-O3 SMK N 2 Pati tahun ajaran 2017/2018, 2. Meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa setelah memperoleh layanan informasi dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas X-O3 SMK N 2 Pati tahun ajaran 2017/2018. Etika merupakan nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan seseorang dalam mengatur tingkah lakunya. Untuk mewujudkan pemahaman mengenai etika berperilaku peneliti berupaya meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui layanan informasi dengan teknik sosiodrama. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana Layanan Informasi Dengan Teknik Sosiodrama Dapat Meningkatkan Kemampuan Beretika Dalam Tingkah Laku Siswa Pada Kelas X-03 SMK N 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-O3, sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan informasi dengan teknik sosiodrama sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan beretika dalam tingkah laku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian pra siklus sebelum mendapatkan layanan informasi dengan teknik soiodrama menunjukkan kategori kurang dengan skor rata-rata 21 (42%). Siklus I mengalami peningkatan yang menunjukkan kategori cukup dengan skor 26,2 (52%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 5,2 dari pra siklus. Siklus II etika berperilaku dalam kategori baik dengan rata-rata 37 (74%) yang berarti ada peningkatan 10,8 dari siklus I. Peningkatan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti dalam pemberian layanan informasi mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 58% dalam kategori cukup dan pada siklus II mendapat skor 86% dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemamampuan beretika dalam tingkah laku siswa mulai dari pra siklus skor rata-rata 21 (42%) kategori kurang, siklus I skor rata-rata 26,2 (52%) dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 37 (74%) dalam kategori baik. Hasil penilaian kolaborator terhadap tindakan peneliti pada siklus I skor rata-rata 58% dalam kategori kurang dan siklus II skor rata-rata 86% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian layanan informasi dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, kepala sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada siswa, siswa dapat menyadari pentingnya etika berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan Beretika Dalam Tingkah Laku. Layanan Informasi dengan Teknik Sosiodrama.  
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 May 2018 13:17
Last Modified: 02 May 2018 13:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8701

Actions (login required)

View Item View Item