Zulifa, Zulifa (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN PERMAINAN TEBAK KATA PADA SISWA KELAS V SD 2 MEGAWON. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (616kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (215kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan permainan tebak kata. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku setelah melalui proses belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Team Assisted Individualization adalah model pembelajaran yang mengedepankan pengetahuan serta kemampuan dalam dalam pengajaranya. Agar proses pembelajaran lebih menyenangkan peneliti menggunakan media permainan tebak kata yang merupakan inovasi media pembelajaran yang diadopsi dari permainan tebak-tebakan yang sering dimainkan oleh anak-anak dan dikemas melalui permainan kartu tebak kata berpasangan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi keputusan bersama pada siswa kelas V SD 2 Megawon. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di SD 2 Megawon pada siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengajar yang mulanya pada prasiklus diperoleh persentase 58,3%, mengalami peningkatan pada siklus I 77,2% dan siklus II 93%. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase klasikal 57% dan siklus II 77,5%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada prasiklus diperoleh persentase klasikal 55,6%, siklus I 61%, dan siklus II 82,33%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I diperoleh persentase klasikal 68,5%, dan siklus II 91%. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh persentase klasikal 66,5%, dan siklus II 82,7%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 2 Megawon dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Permainan Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama pada siswa kelas V SD 2 Megawon. Disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Permainan Tebak Kata guru dapat memahami karakteristik siswa agar dalam menjalankan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran tersebut semua siswa aktif dan merasa termotivasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar, Team Assisted Individualization, Media Permainan Tebak Kata, Materi Keputusan Bersama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 02:56 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 02:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8950 |
Actions (login required)
View Item |