PRANITI, ANIS (2018) PENERAPAN MODEL SNOWBAL THROWING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 1 SIDOREKSO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (429kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (237kB) | Preview |
Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 1 Sidorekso Kudus. Untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui model Snowball Throwingberbantuan media Power Pointmateri penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesiadi SDN 1 Sidorekso Kudus. Hasilbelajar IPS adalah kemampuan pembelajaran keterampilan dan sikap dimiliki siswa.Penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan segumpalan salju dilempar dengan maksud memukul orang lain untuk menunjuk siswa untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa. Powerpoint merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa berbasisvisual, maupun audio-visual.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Snowball Throwingberbantuan media Power Pointdapat meningkatkan hasil ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas V materi penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia dan penerapan model Snowball Throwingberbantuan media Power Pointdapat meningkatkan keterampilan mengajar guru materi penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Sidorekso Kudus. Dengan subyek penlitian yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis and MC Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode penelitian dengan menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Sidorekso Kudus pada materi perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia yang cukup signifikan. siklus I (65,71% ) dan siklus II (88,57%). Hasil belajar ranah afektif siklus I 63,57% (cukup) dan siklus II 83,1% (baik). Hasil belajar ranah psikomotor siklus I 64,17% (cukup) dan siklus II 87,44% (sangat baik). Keterampilan guru mengolah pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,14% dengan kualifikasi baik pada siklus II memperoleh 91,74% dengan kualifikasi sangat baik. Simpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model snowball throwingberbantuan media powerpointdapatmeningkatkanhasilbelajar IPS materipenjajahan Belandadan Jepangkelas V SDN 1 Sidorekso Kudus. Saran Diharapkan guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci : Snowball Throwing, Hasil Belajar IPS, penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:31 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 04:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8958 |
Actions (login required)
View Item |