HANIF, SAJIDA LAILA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS V SD 1 TRITIS JEPARA. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (521kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (223kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN GABUNGAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi dan menemukan peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara yang dijabarkan sebagai berikut: (1) menjelaskan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia membaca puisi menggunakan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi kelas V semester 1 SD 1 Tritis, (2) menjelaskan aktivitas belajar siswa kelas V SD 1 Tritis dalam pembelajaran membaca puisi menggunakan model CIRC berbantuan video pembacaan puisi, (3) menjelaskan peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis menggunakan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi. Pembelajaran CIRC berbantuan video pembacaan puisi merupakan sebuah pembelajaran kooperatif dengan menggunakan bantuan media audiovisual dalam bentuk video. Pembelajaran CIRC berbantuan media video pembacaan puisi dapat membantu siswa dalam memahami bagaimana cara membaca puisi tanpa harus mencontohkan beberapa kali secara langsung dan dapat menghemat waktu pembelajaran, sehingga dapat membuat siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam praktik membaca puisi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru dan siswa kelas V SD 1 Tritis sejumlah 28 siswa yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC dan media video pembacaan puisi, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Validitas isi utamanya ditentukan atas dasar pertimbangan dari pakar (expert judgement). Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan membaca puisi siswa menggunakan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi yang cukup signifikan antara siklus I sebesar 64% menjadi 89% pada siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi pada siklus I sebesar 74% menjadi 82% pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran keterampilan membaca puisi menggunakan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 84% menjadi 92% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada materi membaca puisi kelas V SD 1 Tritis Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa materi membaca puisi kelas V SD 1 Tritis. Disarankan dalam penerapan model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi guru harus giat melatih siswa dalam membaca puisi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Keterampilan Membaca, CIRC,dan Media Video Pembacaan Puisi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 06:48 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 06:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8961 |
Actions (login required)
View Item |