WATI, NANIK ISTIKA (2018) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING (CL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN PATI. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
Halaman Sampul.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (66kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penilitian meliputi 1) menemukan efektivitas model pembelajaran Cooperative Review (CR) dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal di kabupaten Pati, 2) menemukan efektivitas model pembelajaran Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal di kabupaten Pati., dan 3) menemukan perbedaan efektivitas model Cooperative Learning (CL) tipe Cooperative Review (CR) dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal di kabupaten Pati. Cooperative Learning (CL) merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan aktivitas belajar siswa bersama kelompoknya, seperti menemukan dan memecahkan permasalahan serta pengambilan keputusan bersama. Pembelajaran tematik integratif dengan mengangkat nilai-nilai kearifan local dalam pembelajaran secara tidak langsung dapat mempertahankan, mengembangkan serta melestarikan kebudayaan lokal yang ada disekitar lingkungan siswa. Hipotesis penelitian eksperimen ini yaitu melalui penerapan model Cooperative Learning (CL) dapat ditemukan efektivitas pembelajaran diantara tipe Cooperative Review (CR) dan Cooperative Script (CS). Penilitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk pretest-posttest group disign. Pemilihan populasi dilakukan melalui probability sampling, sedangkan pemilihan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Metode analasis data menggunakan one way anova. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Tipe CR lebih efektif daripada tipe Cooperative Script (CS), dibuktikan dari perolehan hasil belajar siswa yang meliputi: 1) KI-1 (sikap spiritual) pada tipe CR memperoleh turing Sangat Baik (SB) sebesar 11,1%, sedangkan pada tipe CS memperoleh turing Sangat Baik (SB) sebesar 10,4%. Terdapat selisih perbedaan perolehan turing Sangat Baik (SB) sebesar 0,7%, 2) KI-2 (sikap sosial) pada tipe CR memperoleh turing Sangat Baik (SB) sebesar 5,0%, sedangkan pada tipe CS memperoleh turing Sangat Baik (SB) sebesar 4,3%. Terdapat selisih perbedaan perolehan turing Sangat Baik (SB) sebesar 0,7%, 3) KI-3 (pengetahuan) tipe CR pada perolehan mean posttest sebesar 79,0 point, sedangkan pada tipe CS sebesar 78,4 point. Terdapat selisih perbedaan perolehan mean posttest sebesaar 0,6 point dan 4) KI-4 (Keterampilan) tipe CR pada perolehan skor dari rubrik keterampilan didapatkan sebesar 81,1% (Baik), sedangkan pada tipe CS sebesar 79,5% (Baik). Terdapat selisih perbedaan 1,6%. Simpulan penelitian ini yaitu tipe Cooperative Review (CR) lebih efektif daripada tipe Cooperative Script (CS, dibuktikan dari perolehan hasil belajar siswa yang signifikan dari ke empat kompetensi, meliputi KI-1 (spiritual), KI-2 (spiritual), KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan). Saran penelitian dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa tipe Cooperative Review (CR) lebih efektif daripada tipe Cooperative Script (CS). Oleh karena itu, disarankan untuk pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal dapat menggunakan tipe Cooperative Review (CR).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Cooperative Learning, Tematik Integratif, Kearifan Lokal |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 03:59 |
Last Modified: | 08 Jun 2018 03:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9002 |
Actions (login required)
View Item |