WIBOWO, WAHYU TRI (2018) PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN 3 JEKULO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
halaman judul.pdf - Accepted Version Download (492kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (118kB) | Preview |
PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan ilmu yang membahas tentang peristiwa yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan guru,aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipemake a match. Model pembelajaraan ini, menuntut siswa untuk mencari dan memasangkan kartu pertanyaan dan jawaban dalam waktu tertentu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 3 Jekulo Kudus. Dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaantindakan, pelaksanaandanpengamatan, refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar IPS.Teknik pengumpulan datapada penelitian tindakan kelas ini yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Make A Matchdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPS. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus 57%kategori cukup (C), siklus I 73% dalam kategori baik (B), siklus II meningkat menjadi83% kategori baik (B).Aktivitas siswa meningkat cukup signifikan dari siklus I sebesar 67% dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus II sebesar 82% dengan kategori baik (B). Ketuntasan hasil belajar kognitif dari siklus I sebesar 70% kategori tinggi, meningkat pada siklus II menjadi 80% kategori sangat tinggi.Pada ranah afektif siklus I73% kategori baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 84% dalam kategori baik (B). Ranah psikomotorik pada siklus I 68% kategori baik (B), siklus II meningkat menjadi 80% kategori baik (B). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswa kelas V SDN 3 Jekulo Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs.Masturi, MM |
Kata Kunci: | Kata Kunci: IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, dan TipeMake A Match. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 01:55 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 01:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9004 |
Actions (login required)
View Item |