SETYAWAN, BOBY (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 BESITO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (214kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (115kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN LENGKAP.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam penerapan model picture and picture dengan berbantu media flipchart. Mengetahui aktivitas siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi keragaman suku dan budaya siswa kelas V SD 3 Besito Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas V SD 3 Besito Kudus yang dilaksanakan pada November 2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) Terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan diterapkannya model picture and picture berbantuan media flipchart, (2) Terjadi Peningkatan aktivitas siswa (3)Terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 3 Besito Kudus. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (70%), dan siklus II (95%), didukung dengan hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 67,75%, kemudian meningkat menjadi 82,63% pada siklus II dengan keterangan sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I dipreroleh rata-rata persentase sebesar 56,04% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,63% dengan keterangan sangat tinggi. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 69,64% dengan keterangan baik, pada siklus II menjadi 88,39% dengan keterangan sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I ke siklus II yakni 56,17% dan 86,67% dengan kualifikasi .sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Besito Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model . Picture and Picture berbantuan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 3 Besito Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model picture and picture berbantuan media flipchart dalam pembelajaran IPS di kelas V. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Picture and Picture, Flipchart, Hasil Belajar, IPS, Keberagaman suku bangsa dan budaya |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 04:24 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 04:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9018 |
Actions (login required)
View Item |