PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JURANG

PUTRI, REDITA SARASWATI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JURANG. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Treffinger berbantuan media cerita bergambar (cergam) dan menemukan peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 3 Jurang. Model Treffinger adalah salah satu model yang digunakan sebagai solusi dalam pembelajaran untuk menangani permasalahan kreativitas secara langsung pada siswa dalam menuangkan ide dan pendapat. Didukung dengan penggunaan media cerita bergambar yang digunakan untuk membatu siswa dalam menuliskan sebuah dialog sederhana. Dialog sederhana adalah sebuah karya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model treffinger berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatakan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD Negeri 3 Jurang Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memiliki subjek penelitian sebanyak 18 siswa kelas V SD Negeri 3 Jurang. Penelitian ini dilaksanakan dala 2 siklus setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model treffinger dan media cerita bergambar, sedangkan untuk variabel terikatnya adalah keterampilan menulis dialog sederhana. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis dialog sederhana prasiklus (33,33%), siklus I (83,33), dan siklus II (88,88) dengan rata-rata nilai siswa prasiklus 53,4 menjadi 67,16 pada siklus I, dan 72,11 pada siklus II, didukung dengan hasil persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 70,82% (Baik) menjadi 84,81% (Sangat baik) pada siklus II. Sedangkan untuk persentase hasil keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 72,5% (Baik) menjadi 91% (Sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil peneltian tindakan kelas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana dengan diterapkannya model treffinger berbantuan media cerita bergambar pada siswa kelas V SD Negeri 3 Jurang Gebog Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Selanjutnya, peneliti dapat memberikan saran kepada siswa untuk terus berlatih menulis dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas agar dapat menghasilkan tulisan yang baik. Bagi guru model treffinger berbantuan media cerita bergambar dapat dijadikan sebagai referensi dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Bagi sekolah hendaknya menyediakan saran dan prasarana yang diperlukan guna memperlancar proses belajar mengajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Mila Rosya, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Dialog, Model Treffinger, Media Cerita Bergambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 11 Jun 2018 02:39
Last Modified: 11 Jun 2018 02:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item