Studi Kelayakan Investasi Pengembangan Usaha Produk Karton CV. Cahaya Utama Box Kudus

Amaliyah, Isnaini (2012) Studi Kelayakan Investasi Pengembangan Usaha Produk Karton CV. Cahaya Utama Box Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (166Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab.I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (106Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab.II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (199Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab.III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (132Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab.IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (311Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab.V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (96Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (90Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (155Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Dalam perkembangan bisnis seorang manajer harus dapat mengkaji potensi dan peluang usaha yang telah dikembangkan, sehingga dapat memberikan informasi bagi calon investor tentang peluang usaha yang dijalankan sehingga dengan mengetahui kelayakan usaha dan peluang bisnis untuk tahun mendatang perusahaan dapat memperkirakan laba yang akan diterima yang akan menunjukkan perkembangan usaha dimasa yang akan datang. Dalam penelitian rumusan masalah yang dikemukakan adalah bagaimana studi kelayakan secara finansial rencana pengembangan usaha produk karton CV. Cahaya Utama Box Kudus?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan secara finansial rencana pengembangan usaha produk karton CV. Cahaya Utama Box Kudus. Macam Variabel ini meliputi EAT, Aliran Kas Bersih (Proceeds, Investasi, Present Value of Proceeds, dan Present Value of Outlays (Investasi). Jenis data yang digunanakan adalah data sekunder yang bersumber dari intern perusahaan meliputi laporan rugi laba dan neraca untuk periode 2006-2010. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Pengolahan Data menggunakan metode editing, tabulating. Analisis data menggunakan metode PP (Payback Period), Metode ARR (Average Rate of Return), Metode NPV (Net Present Value), Metode IRR (Internal Rate of Return), Metode Profitability Index (PI). Hasil analisis dan pembahasan atas analisis kelayakan investasi pengembangan usaha pada CV. Cahaya Utama Box Kudus dapat ditemukan kesimpulan berikut ini. 1. Perhitungan Payback period (PP) menghasilkan waktu pengembalian investasi yang lebih singkat yakni selama 3 tahun 5 bulan lebih kecil dibandingkan dengan 5 tahun umur ekonomis investasi yang direncanakan perusahaan untuk dapat mengembalikan dana modal investasi sebesar Rp.480.000.000 tersebut. 2. Perhitungan Average Rate of Return (ARR) dengan rata-rata EAT sebesar Rp.57.340.539,6 (286.702.698 : 5 tahun) dibandingkan dengan rata-rata investasi sebesar Rp.109.440.000 (480.000.000 + nilai residual Rp.67.200.000) menghasilkan ARR sebesar 53,39% lebih besar dibanding dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 17%. 3. Perhitungan Net Present Value (NPV) dengan df sebesar 12% menghasilkan NPV yang positif sebesar Rp.59.175.439 dan jika NPV > 0, maka investasi diterima) sehingga investasi dianggap layak. 4. Hasil interpolasi tersebut diperoleh hasil untuk DF 12% dan Df 17% dihasilkan tingkat NPV senilai Rp.59.175.439 dan (Rp.5.606.946) Dengan hasil perhitungan NPV tersebut dihasilkan IRR sebesar 16,57% sehingga hasilnya layak karena bernilai positif. 5. Perhitungan Profitability Index (PI) diperoleh hasil dari total PV of Proceeds sebesar Rp.539.175.440 untuk investasi sebesar Rp.480.000.000 menghasilkan PI sebesar 1,12. Dari hasil perhitungan Profitability Index hasilnya adalah 1,12, berarti usul investasi usaha CV.Cahaya Utama Box Kudus layak dilakukan atau diterima karena syarat PI diterima adalah > 1.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing I = Drs. M. MASRURI, MM Pembimbing II = Drs. H. CHANAFI IBRAHIM, MM
                  Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri > Modal. Investasi modal
                  Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
                  Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
                  Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
                  Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 13 Sep 2013 10:37
                  Last Modified: 13 Sep 2013 10:37
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/907

                  Actions (login required)

                  View Item