AININDHITYAR, ERLITHA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS KARAKTER DISIPLIN PADA KELAS V SDN 2 JATI WETAN. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
HAL. JUDUL SKRIPSI.pdf - Accepted Version Download (790kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.docx.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, hasil belajar siswa dengan model Numbered Head Together berbasis karakter disiplin pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD 2 Jati Wetan Kudus, karakter disiplin. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu sebagai akibat dari kegiatan belajar yang menyangkut aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. PKn adalah mata pelajaran yang mengajarkan nilai demokrasi, pendidikan moral, pendidikan sosial dan masalah pendidikan politik. Numberd-Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi pola interaksi siswa dengan cara pemberian nomor dan berpikir bersama. Pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan dan tindakan agar mempengaruhi cara berfikir sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Jati Wetan Kudus dengan subjek penelitian guru dan 27 siswa. variabel bebas pada penelitian ini adalah model Numbered Head Together (NHT) berbasis karakter disiplin. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan persentase keterampilan guru meningkat dari siklus (I) 68,30% (Baik) pada siklus (II) 81,25% (Baik). Hasil belajar pada ranah kognitif PKn siswa materi contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah pada siklus (I) 63% (cukup) dan siklus (II) 88,89% (Sangat Baik). Pada ranah afektif juga meningkat pada siklus (I) 71,15% (Baik) dan pada siklus (II) 79,38% (Baik). Pada ranah Psikomotorik siklus (I) 69,44% (Baik) dan siklus (II) 78,23% (Baik). Karakter disiplin mengalami peningkatan siklus (I) 74,45% (Baik) dan siklus (II) 83,09% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbasis karakter disiplin dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar PKn siswa kelas V SD 2 Jati Wetan Kudus, dan Karakter disiplin. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa supaya tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran PKn.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Numbered Head Together (NHT), Karakter Disiplin |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 06:30 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 06:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9082 |
Actions (login required)
View Item |