PENGARUH MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA

HIDAYATI, ERLINA (2018) PENGARUH MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara empiris pengaruh musik klasik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pedawang dan SDN 2 Rendeng, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah siswa 30. Alat pengumpul data adalah tes army alpha dan rating scale konsentrasi belajar sebagai pembanding. Rancangan penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan eksperimen untreated control group design with pretest and posttest, dengan analisis data menggunakan uji beda rata-rata dua kelompok independent sample t-test. Hasil uji perbedaan pretest-posttest diperoleh nilai koefisien beda t sebesar -14,790 pada nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa antara sebelum mendapat perlakuan musik klasik dengan sesudah mendapatkan perlakuan musik klasik. Hasil uji perbedaan posttest kelompok ekspermen dan kelompok kontrol diperoleh nilai koefisien beda t sebesar 15,618 pada nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa antara siswa yang mendapatkan perlakuan musik klasik dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan musik klasik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.Si.
Kata Kunci: Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Musik Klasik, dan Tes Army Alhpa.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:27
Last Modified: 25 Jun 2018 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9083

Actions (login required)

View Item View Item