IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN BERBANTUAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN 02 TANJUNGREJO JEKULO KUDUS

FADHILAH, UMI (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN BERBANTUAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN 02 TANJUNGREJO JEKULO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover] PDF (cover)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing berbantu media wayang kartun pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V SDN 02 Tanjungrejo, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik setelah diterapkannya model pembelajaran role playing berbantu media wayang kartun pada siswa kelas V SDN 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus. Hasil belajar IPS adalah perubahan tingkah laku dan pemahaman siswa yang mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotori sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Model pembelajaran Role Playing merupakan suatu model pembelajaran yang dilakukan dengan cara memperagakan/menampilkan suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan skenario yang diperoleh bersama kelompoknya. Model pembelajaran Role Playing ini dapat berpengaruh positif terhadap siswa dalam pembelajaran karena melibatkan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Media wayang kartun merupakan suatu wadah atau perantara untuk menyampaikan pesan materi yang ingin disampaikan kepada penerima berupa wayang yang beranimasi kartun karena penggunaan media pembelajaran yang kreatif akan memperbesar kemungkinan bagi siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran IPS guna memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini merupakan siswa kelas V SDN 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus dengan siswa yang berjumlah 26 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif, sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskripsi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengelolaan pembelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi dengan rata-rata pada siklus I 86,25 (sangat baik) dan siklus II 90,62 (sangat baik), peningkatan sebesar 4,37%, kemudian peningkatan yang signifikan juga terjadi pada hasil belajar ranah kognitif dengan rata-rata siklus I memperoleh persentase 77% (baik) dan siklus II 92% (sangat baik) peningkatan sebesar 15%, hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I memperoleh persentase 74% (baik) dan siklus II 84,13 (baik) peningkatan sebesar 10.13%, hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 78 (baik) dan siklus II 88,65 (sangat baik) dengan peningkatan sebesar 10,65%. Kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing berbantu media wayang kartun pada materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berani mengungkapkan pendapatnya. Guru hendaknya dapat memberikan proses pembelajaran yang kreatif dan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Role Playing,Wayang Kartun
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 26 Jun 2018 03:15
Last Modified: 26 Jun 2018 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9096

Actions (login required)

View Item View Item