PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V SD 4 LORAM KULON

SOFIYANI, ANIS (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V SD 4 LORAM KULON. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media flashcard dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD 4 Loram Kulon, Jati, Kudus. IPS merupakan bidang studi yang materinya merupakan integrasi dari ilmu-ilmu sosial yang menelaah kehidupan dan gejala-gejala sosial dalam masyarakat. Hasil belajar adalah keseluruhan perubahan tingkah laku pada setiap diri siswa yang menyangkut ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mendapatkan pengalaman belajar. Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran kooperatif yang penerapannya dilakukan dengan cara setiap siswa diberi nomor dan dibuat kelompok diskusi, kemudian secara acak guru memanggil nomor siswa secara individu untuk menjawab pertanyaan yang telah didiskusikan. Media flashcard atau kartu bergambar adalah sebuah kartu berisi gambar, teks, atau simbol yang dapat mengingatkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar tersebut yang dikaitkan dengan materi yang diajarkan. Desain penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 4 Loram Kulon, Jati, Kudus. yang terdiri dari 18 siswa dengan rasio perbandingan laki-laki 12 siswa dan perempuan 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik yang digunakan dalam analisis adalah data kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 67% menjadi 91%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 54,22% menjadi 67%. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 45% menjadi 65%. Hasil belajar kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 67% menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Loram Kulon dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Numbered Heads Together berbantuan flashcard dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, sesuai dengan materi pembelajaran agar tidak monoton serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Media Flashcard
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:11
Last Modified: 26 Jun 2018 07:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9103

Actions (login required)

View Item View Item