Peran Bimbingan Kelompok dalam Menyiapkan Generasi Berprestasi Indonesia

Lestari, Indah (2012) Peran Bimbingan Kelompok dalam Menyiapkan Generasi Berprestasi Indonesia. In: Prosiding Seminar Nasional Merajut Generasi Emas. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus, Kudus, pp. 82-88. ISBN 978-602-18835-0-1

[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (3114Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    Potensi manusia Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 240 juta jiwa tidak dapat dipungkiri merupakan asset yang sangat bernilai harganya. Untuk menjadikan Indonesia emas tidak hanya bergantung dengan sumber daya alamnya semata, malinkan perlu menggali sumber daya manusianya. Tri pusat pendidikan manusia meliputi keluarga, masyarakat, dan sekolah menjadi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan prestasi anak bangsa. Lingkungan yang kondusif perlu ditumbuhkan dari tri pusat pendidikan ini. Sekolah atau jalur pendidikan memegang peranan strategis untuk memberikan pendidikan mengenai pengembangan kemampuan mencetak generasi anak bangsa yang berprestasi. Jalur pendidikan memiliki keunggulan untuk melakukan hal tersebut, peranan tersebut disebabkan karena jalur pendidikan bisa menjangkau sejumlah besar anak dan generasi muda di dalamnya. Sekolah dengan layanan bimbingan kelompok, sebagai salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling akan sangat membantu mengembangkan potensi siswa sehingga mereka dapat memahami bakat,minat dan kemampuan dirinya. dengan demikian diharapkan mereka dapat mengarungi hidupnya dengan bahagia, sehingga menjadi aset berharga sebagai pewaris bangsa indonesia.

    Tipe dokumen: Bagian dari buku dan sejenisnya
    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 31 Jan 2013 11:01
    Last Modified: 31 Jan 2013 11:01
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/913

    Actions (login required)

    View Item