THE ENGLISH TEACHING AND LEARNING FOR THE STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT

SAPUTRI, HERLINA MURYAN (2018) THE ENGLISH TEACHING AND LEARNING FOR THE STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
CHAPTER I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Siswa dengan gangguan pendengaran pada umumnya mempuyai kesulitan dalam menghasilkan dan memperoleh bahasa lisan. Di Indonesia, siswa dengan gangguan pendengaran tidak hanya belajar pelajaran bahasa Indonesia, tetapi mereka juga belajar bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib yang harus dipelajari. Sehingga, mereka harus dibimbing di Sekolah Luar Biasa , namun pada kenyataannya hanya sedikit siswa dengan keterbatasan pendengaran yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi dan mengidentifikasikan masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa dengan gangguan pendengaran dalam proses belajar mengajar bahasa Inggis di kelas XI di Sekolah Luar Biasa tahun ajaran 2017 / 2018. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Data penelitian ini yaitu implementasi belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa dengan gangguan pendengaran dan masalah yang dihadapai guru dan siswa dengan keterbatasan pendengaran di kelas XI Sekolah Luar Biasa Sunan Muria tahun ajaran 2017 / 2018. Sedangkan sumber data dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI dengan keterbatasan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Sunan Muria. Penelitian ini menggunakan dokumen, observasi, dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut (i) implementasi belajar mengajar bahasa Inggris di Sekolah Luar Biasa Sunan Muria menggunakan Kurikulum 2013 untuk siswa berkebutuhan khusus dengan menggunakan metode demonstrasi sebagai metode afektif dan gambar sebagai sebagai media efektif dengan pendekatan komunikasi total untuk berkomunikasi. (ii) Masalah yang dihadapi guru dan siswa dengan keterbatasan pendengaran dibagi menjadi dua yaitu masalah dari dalam diantaranya mempunyai kesulitan dalam memperoleh dan menghasilkan bahasa lisan, kurangnya kosa kata, mempunyai keterbatasan ganda, mudah marah dan sensitif; dan masalah eksternal diantaranya: kurangnya inisiatif dari guru, kurangnya perhatian dalam pendistribusian instrumen pembelajaran dari pemerintah, dan kurangnya motivasi untuk belajar di rumah dari orang tua. Dari hasil penelitian ini, guru seharusnya menjadi kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa dapat termotivasi. Keterbatasan bukan masalah besar bagi siswa untuk terus meningkatkan motivasinya. Orang tua dan pemerintah juga harus menyadari perkembangannya, terutama dalam belajar bahasa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs.Muh.Syafei,M.Pd.
Kata Kunci: Siswa dengan gangguan pendengaran, Sekolah Luar Biasa, Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:30
Last Modified: 19 Jul 2018 03:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item