EVA SURYA NINGRUM, INTAN (2018) PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEMA BENDA- BENDA DI SEKITAR KITA KELAS V SD 1 TUMPANGKRASAK KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (901kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (93kB) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran think talk write berbantuan media poster dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan tema 9 “Benda-Benda di Sekitar Kita” subtema 1 “Benda Tunggal dan Campuran” dan subtema 2 “Benda dalam Kegiatan Ekonomi” di kelas V SD 1 Tumpangkrasak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Tumpangkrasak dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa dari siklus I yang menunjukkan 60% dan pada siklus II menjadi 85%. Keterampilan guru dalam mengajar dengan menerapkan model think talk write pada siklus I 75% (baik) dan meningkat pada siklus II yakni memperoleh 80,5% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan 71,66% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 81,085% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 1 Tumpangkrasak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD 1 Tumpangkrasak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan tema 9 “Benda-Benda di Sekitar Kita” subtema 1 “Benda Tunggal dan Campuran” dan subtema 2 “Benda dalam Kegiatan Ekonomi”. Saran untuk guru, sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran think talk write sebagai referensi dalam kegiatan pembelajaran agar lebih bervariatif dan menarik. Siswa sebaiknya lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr.Murtono,M.Pd. |
Kata Kunci: | think talk write, poster, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:13 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9231 |
Actions (login required)
View Item |