PENGGUNAAN MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA FLANELGRAF UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN PADA SISWA KELAS V DI SD 4 PLOSO KUDUS

LUTFIANA MURIS, AINA (2018) PENGGUNAAN MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA FLANELGRAF UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN PADA SISWA KELAS V DI SD 4 PLOSO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. judul.pdf - Accepted Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model CIRC berbantuan media flanelgraf, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menemukan peningkatan keterampilan menulis ringkasan pada siswa kelas V SD 4 Ploso. Penelitian ini menggunakan model CIRC berbantuan media flanelgraf. Model CIRC adalah model yang khusus digunakan untuk menemukan ide pokok. Media flanelgraf adalah media visual yang menyajikan bahan materi dengan cara ditempelkan pada papan yang telah dilapisi dengan kain flanel. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model CIRC berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SD 4 Ploso. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 4 Ploso Kudus yang berjumlah 24 siswa, ang terdiri atas 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik expert judgment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis ringkasan siswa meningkat, berdasarkan hasil nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal setiap siklus. Nilai rata-rata prasiklus yaitu sebesar 69,42, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68,67 dan pada siklus II meningkat sebesar 76,42. Persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥70) sebesar 50% (12 siswa dari 24 siswa). Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 67% (16 siswa dari 24 siswa), dan Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 88% (21 siswa dari 24 siswa). Sehingga indikator kinerja yakni persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SD 4 Ploso Kudus. Saran untuk guru adalah sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan inovatif seperti model CIRC sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran agar lebih menarik selama proses pembelajaran. Siswa juga sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Model CIRC, Media Flanelgraf, Keterampilan Menulis, Menulis Ringkasan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:13
Last Modified: 04 Jan 2019 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item