INDRIYANI, PUTRI (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PECANGAAN WETAN JEPARA MELALUI PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU ALAT PERAGA RINGAS JERAT. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (364kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbantu alat peraga ringas jerat dan menjelaskan peningkatan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan Jepara. Seseorang dikatakan memahami konsep apabila memenuhi 7 indikator yang ada. RME merupakan model pembelajaran yang menggunakan konteks realita dalam menyelesaiakan suatu permasalahan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan dengan subjek penelitian guru dan 30 siswa. Penelitian ini berlangsung pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model RME. Sedangkan variabel terikat yakni pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru. Pada siklus I menunjukan skor sebesar 2,81 dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 3,30 dengan kriteria sangat baik. Terjadi juga peningkatan pada aktivitas belajar siswa siklus I skor 2,67 dan siklus II 2,94. Selain itu juga terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siklus I mencapai 54% dan Siklus II 80%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan Jepara dengan menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Ringas Jerat. Sedangkan saran yang diberikan adalah guru dapat menggunakan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Ringas Jerat untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep. Realistic Mathematic Educatio (RME), Ringas Jerat, Pengukuran Sudut |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:12 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9233 |
Actions (login required)
View Item |