PERMATASARI, YANI (2018) PENERAPAN MODEL SETS(SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGI SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANAKELAS V SDN 2 DATAR JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (512kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (195kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapanmodel SETS melalui untuk meningkatan keterampilan proses sains siswa melalui eksperimen sederhana pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN 2 Datar. Peningkatan keterampilan proses sains siswa diukur dalam 3 aspek yaitu aspek kognif diukur dengan melalui tes akhir siklus 1 dan 2, untuk mengukur sikap afektif yaitu dengan cara mengamati kegiatan siswa dalam proses melakukan percobaan dan cara mengukur psikomotorik yaitu dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains siswa yang berisikan tabel aktifitas belajar siswa yang disesuaikan dengan indikator yang terdapat ada keterampilan proses sains tersebut. Keterampilan proses sains siswa diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menyampaikan keterampilan proses sains berdasarkan pada materi yang sedang dipelajari. SETS merupakan salah satu model yang berbasis masalah yang dapat memberikan pemahaman terhadap siswa terkait dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model SETS untuk meningkatkan keterampilan proses sains melalui eksperimen sederhana kelas V SDN 2 Datar Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Datar. Dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah pendekan SETS. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data yang mengunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupkan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh presentase 70% dalam kategori (Tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 92% (sangat tinggi). Keterampilan proses sains siswa pada siklus 1 memperoleh presentase 73%(Tinggi) pada siklus II meningkat menjadi 83% Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model SETS dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA melalui eksperimen sederhana pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri 2 Datar. Saran dalam penelitian ini yakni guru hendaknya menerapkan model pembelajaran SETS dengan melalui eksperimen sederhana dapat meningkatkan keterampilan proses sains.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Khamdun, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | SETS (Science, Environment, Technologi, Society), Keterampilan Proses SainsSiswa, Eksperimen Sederhana. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:12 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9236 |
Actions (login required)
View Item |