PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIMIKRI KUBUS & BALOK

MALIKHATUS SALIFAH, NUR (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIMIKRI KUBUS & BALOK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
1. Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
7. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
9. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan representasi matematis, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 1 Robayan melalui model Discovery Learning berbantuan mimikri kubus dan balok. Discovery Learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa menemukan konsep-konsep melalui percobaan-percobaan untuk memberikan pengalaman belajar, sehingga pembelajaran yang kreatif dan inovatif menjadi modal untuk mendapatkan pengalaman belajar secara optimal. Penggunaan mimikri kubus dan balok dapat memberikan gambaran abstrak menjadi konkret, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang menyenangkan, efektif dan inovatif. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Robayan dengan subjek penelitian 36 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap seperti yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Discovery Learning berbantuan mimikri kubus dan balok. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan representasi matematis, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas V melalui model Discovery Learning berbantuan mimikri kubus dan balok menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kemampuan representasi matematis siswa siklus I yaitu 75,3 kriteria baik dengan persentase ketuntasan 75%, siklus II meningkat menjadi 84,6 kriteria baik dengan persentase ketuntasan 91,6%. Sedangkan pada aktivitas belajar siklus I sebesar 75,9% kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 80,5% kriteria baik. Pada keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 76,8% kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 83,75,% kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran matematika siswa kelas V melalui model Discovery Learning berbantuan mimikri kubus dan balok. Peneliti menyarankan agar model Discovery Learning dapat menjadi salah satu referensi dalam memilih model pembelajaran. Karena Discovery Learning dapat menjadikan siswa aktif, kreatif, pembelajaran berpusat pada siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna dan membuat pembelajaran sangat menyenangkan dengan berbantuan mimikri kubus dan balok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas Siswa , Discovery Learning , Kemampuan Representasi Matematis, Mimikri Kubus dan Balok.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:09
Last Modified: 04 Jan 2019 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9250

Actions (login required)

View Item View Item