NOR MAULIDA, ALVIN (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU DENGAN MODEL CYCLE LEARNING (5E) BERBANTUAN (DONGENG PANGGUNG) “NGEPANG” PADA SISWA KELAS IV SDN 01 BANYUPUTIH. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (640kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (339kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar yang meliputi pengetahuan, dan keterampilan tema cita-citaku dengan penerapan model Cycle Learning(5E) berbantuan (dongeng panggung) “Ngepang” pada siswa kelas IV SDN 01Banyuputih. Hasil belajar adalah kemampuan yang didapat siswa setelah pembelajaran yang meliputi tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tematik adalah pembelajaran terpadu antara satu mata pelajaran dengan pembelajaran yang lain. Cycle Learning (5E) adalah pembelajaran bersiklus yang meliputi Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Media Ngepang adalah kepanjangan dari dongeng panggung. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada tema cita-citaku setelah penerapan model Cycle Learning (5E) berbantuan “ngepang” pada siswa kelas IV SDN 01 Banyuputih. Penelitian tindakan kelas menggunakan model dari John Elliot yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas IV SDN 01Banyuputih dengan subyek penelitian 21 siswa. variabel bebas adalah model Cycle Learning (5E) dan media ngepang (dongeng panggung). Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar tema cita-citaku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan muatan IPS dan Bahasa Indonesia tema cita-citaku mengalami peningkatan. Muatan IPS siklus I 52,38 % (sedang) dan siklus II 80,95% (sangat tinggi). Muatan Bahasa Indonesia siklus I 66,67% (tinggi) dan siklus II 85,71% (sangat tinggi), didukung dengan ranah keterampilan pada NAKD (nilai akhir kompetensi dasar) siklus I muatan IPS dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,42%(tinggi) dan NAKD (nilai akhir kompetensi dasar) siklus II 85,71% (sangat tinggi). Muatan Bahasa Indonesia NAKD (nilai akhir kompetensi dasar) siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,19% (tinggi) dan NAKD (nilai akhir kompetensi dasar) Siklus II ketuntasan klasikal sebesar 90,47% (sangat tinggi). Pengelolaan pembelajaran pada keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 81 (baik) dan siklus II 89 (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Cycle Learning (5E) berbantuan dongeng panggung “Ngepang” dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema cita-citaku dikelas IV SDN 01 Banyuputih. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 01 Banyuputih dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cycle Learning (5E) berbantuan dongeng panggung “ Ngepang” dapat meningkatkan hasil belajar tema cita-citaku pada kelas IV SDN 01 Banyuputih. Untuk itu disarankan menerapkan model Cycle Learning (5E) pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan kreatifitas siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Cycle Learning(5E),Ngepang (dongeng panggung), Tema cita-citaku. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:47 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |