AFIF ARFIANSYAH, MUHAMMAD (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 2 MLATINOROWITO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (969kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (211kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD 2 Mlatinorowito dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Mlatinorowito dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu audio visual. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu hasil berupa kemampuan meliputi kognitif, afektif, psikomotorik. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu audio visual pada Kelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkat pada setiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I menunjukkan pengelolaan pembelajaran guru mendapatkan persentase rata-rata yakni 68% dengan kriteria baik. Sedangkan Pada siklus II meningkat mencapai persentase rata-rata yakni 89,5% dengan kriteria sangat baik.Persentase hasil belajar pada ranah kognitif pada prasiklus 37,93%, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 62,07 % dan meningkat pada siklus II menjadi 86,2%. Persentase hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I rata-rata klasikal yakni 72,67% dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 87,06% dengan kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I rata-rata persentase yakni 70,9% dengan kriteria baik. kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 85,34% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD 2 Mlatinorowito Kudus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial keterampilan gurudan hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Numbered Head Together (NHT), Audio visual, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:48 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9278 |
Actions (login required)
View Item |