LISTIANA WATIK, AYU (2018) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IV SD 06 BULUNGKULON. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (487kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (251kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru melalui model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media audio visual pada siswa kelas IV SD 06 Bulungkulon. Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus dimiliki oleh siswa untuk berpikir dan bertindak secara ilmiah berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ilmiah dalam pembelajaran. Model somatic, auditory, visualization, intellectualy merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki siswa sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan bermakna. Audio visual merupakan media pembelajaran berupa suara dan gambar yang disampaikan melalui alat elektronik. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model somatic, auditory, visualization, Intellectualy berbantuan media audio visual dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru kelas IV SD 06 Bulungkulon. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 06 Bulungkulon dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru, sedangkan variabel bebasnya yaitu model somatic, auditory, visualization, intellectualy dan media audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah siswa pada siklus I sebesar 61,80% kualifikasi baik menjadi 78,37% kualifikasi baik pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan sebesar 65,74% kualifikasi baik pada siklus I menjadi 79,17% kualifikasi baik pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa sikap ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media audio visual pada kelas IV SD 06 Bulungkulon. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 06 Bulungkulon dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa dapat meningkat melalui model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media audio visual pada kelas IV SD 06 Bulungkulon. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media audio visual guru harus lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkam partisipasi siswa pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Sikap Ilmiah, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, dan Audio Visual. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:48 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9280 |
Actions (login required)
View Item |