PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG PAHLAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN

Fauzul Munna, Annisa (2018) PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG PAHLAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
01. HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
07. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN. ANNISA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidain menggunakan model Role Playing dalam pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan. Terlihat siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran Model Role Playing merupakan suatu model pembelajaran sejenis permainan gerak yang di dalamnya terdapat tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada model ini, guru terlebih dahulu memberikan wacana atau sekenario yang mengahadirkan peran-peran tokoh proklamasi kemerdekaan kepada siswa. Siswa diminta membaca sekaligus memahami skenario yang akan dimainkan. Setelah permainan peran selesai, siswa akan berdiskusi dalam kelompoknya masing-masing, kemudian hasil diskusi dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Model ini akan diterapkan pada pembelajaran IPS Kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidain yang berjumlah 28 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing, dan media topeng pahlawan, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, soal evaluasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 86,67% menjadi 94,16%. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 71,42% menjadi 89,28%, pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 64,91% menjadi 91,25%, ranah psikomotrik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 64,16% menjadi 88,21%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidain dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Imaniar Purbasari, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Role Playing, Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:59
Last Modified: 22 Mar 2019 01:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9297

Actions (login required)

View Item View Item